Panen Perdana Budidaya Ikan Patin KTH Kerumutan Lestari

Rabu, 29 Juni 2022

Pekanbaru, 29 Juni 2022 - Kepala Resort Kerumutan Selatan, Bpk. Zulkifli mewakili Balai Besar KSDA Riau hadir pada panen perdana budidaya ikan patin di Kelompok Tani Hutan (KTH) Kerumutan Lestari Senin, 27 Juni 2022. KTH ini merupakan binaan Balai Besar KSDA Riau dan Badan Restorasi Gambut (BRG) di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu.

Balai Besar KSDA Riau bersama Bhabinkamtibmas Polsek Rengat Barat, Kades, Perangkat Desa, Tokoh masyarakat Desa Redang dan tentu saja anggota Kelompok Tani Hutan Kerumutan Lestari sangat antusias menyaksikan ikan yang segar dan sehat sehat tersebut di panen. Budidaya ikan patin tersebut sudah melalui proses pembuatan kolam, pemeliharaan dan perawatan yang intensif selama delapan bulan dalam pembinaan Balai Besar KSDA Riau bersama BRG.


Kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan penyangga dengan harapan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat  pada hasil hutan serta tidak melakukan perambahan terhadap kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan. Hasil panen tersebut langsung dijual kepada pihak ketiga dan sebagian dikonsumsi oleh masyarakat setempat.

Jumlah budidaya ikan patin yang dipanen + 20. 000 ekor atau + 3 Ton ( 3.000 kg ). Dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Redang dan Ketua KTH Kerumutan Lestari menyampaikan ucapan terimakasih kepada Balai Besar KSDA Riau dan BRG atas bantuan dan pembinaan yang sudah dilakukan kepada masyarakat Desa Redang. Kedepannya Ketua KTH Kerumutan Lestari akan melanjutkan dan mengembangkan budidaya ikan lele, ikan nila dan ikan patin dari hasil penjualan panen ikan patin kali ini.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini