Aksi Bersama Untuk Kelestarian Laut Kita

Senin, 13 Juni 2022

Pulau Pramuka, 11 Juni 2022. Tanggal 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia, tahun ini memiliki tema collective action for the ocean. Kelompok masyarakat Komparasi (Komunitas Pegiat Wisata Budaya dan Konservasi) bersama Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Pulau Kelapa, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu melakukan kegiatan konservasi, Jumat (10/6) dengan melibatkan  30 orang peserta yang terdiri dari: anak didik usia dini, PAUD Rakit Tiang Pulau Kelapa, siswa/I SD 02 Pulau Kelapa dan pemuda/i Karang Taruna dan remaja masjid, serta mahasiwa Poltek Karawang.

Pada awal kegiatan Bapak Ali Usman selaku Ketua RW 05 memberikan sambutan yang mengingatkan bahwa sebagai salah satu destinasi kunjungan wisata agar senantiasa menjaga keindahan, kebersihan lingkungan terutama lingkungan laut dan lingkungan sekitar. Kemudian perwakilan dari Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu juga menekankan tentang pentingnya menjaga kelestarian laut, karena laut memberikan banyak manfaat diantaranya sumber mata pencaharian baik dari segi perikanan maupun pariwisata, tempat hidupnya keanekaragaman hayati, serta sumber oksigen yang berasal dari kehadiran fitoplankton di laut.

Aksi konservasi yang dilakukan berupa bersih pantai, transplantasi karang dan nonton bareng film dokumenter tentang laut.  Dalam aksi bersih pantai berhasil dikumpulkan sampah plastik sebanyak 148 Kg hanya dalam waktu lebih kurang 2 jam, sampah yang dikumpulkan langsung diserahkan ke bank sampah Pulau Kelapa. Sedangkan untuk kegiatan penanaman tranplantasi karang dilakukan penanaman sebanyak 30 pcs karang di wilayah perairan Gosong Kelapa Dua.

Pada kegiatan penanaman karang, siswa-siswi SD 02 diberi kesempatan menanam sendiri anakan karang dan memberikan tag nama mereka pada anakan karang. Tidak hanya antusias namun kegiatan yang nampak hanya sederhana ini diharapkan akan melekat dalam ingatan mereka bahwa laut yang sangat dekat dengan kehidupan sehari hari mereka harus dijaga kelestariannya.

Biru lautku hijau pulauku Kepulauan Seribu surgaku, salam lestari salam konservasi huha huha

Sumber: Alinar, S. Hut -  Penyuluh Kehutanan SPTN Wilayah I Pulau Kelapa Dua, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu

Foto: Hardian Agustin, Zoel Fitriani, M Fadli

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini