Langkah Kecil Pemulihan Ekosistem di Blok Singapati

Sabtu, 11 Juni 2022

Tegallega, 10 Juni 2022. Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Tegallega Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dari Desa Padaluyu, Kec. Cugenang dan Desa Tegallega, Kec. Warung Kondang serta Kelompok Tani Hutan (KTH) Raksa Alam, secara mandiri melakukan kegiatan pemulihan ekosistem (pengkayaan) di Blok Singapati, Resort PTN Tegallega, Kamis (9/6).

Sebanyak 600 bibit rasamala dan kihaji ditanam pada areal seluas 2500 m2 atau 0,25 ha sebagai upaya percepatan pemulihan ekosistem pada kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango eks Perum Perhutan yang saat ini masih berupa tegakan pinus.

Kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk berpartsipasi dalam kegiatan pemulihan ekosistem menunjukan besarnya peran masyarakat penyangga TNGGP untuk percepatan pemulihan ekosistem. Luas dan jumlah pohon yang ditanam memang tidak seberapa namun kesadaran masyarakat dalam bentuk peran aktif tersebut merupakan langkah-langkah kecil yang memberi makna besar bagi konservasi.

Konservasi adalah Kerja Bersama. Salam Lestari.

Sumber : Ranto, S. Hut / PEH Ahli Muda/ Kepala Resort Tegallega Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dok: Iim Suchiman

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini