Viral Pengunjung Lewati Pagar Pembatas, BBKSDA Riau Investigasi

Rabu, 08 Juni 2022

Pekanbaru, 8 Juni 2022 - Terkait viralnya berita seorang pria yang nekat melewati pagar pembatas kandang orangutan di Kasang Kulim Zoo Riau, Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, ibu Fifin Arfiana Jogasara menurunkan Tim untuk melakukan investigasi yang dipimpin Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan, Arry Purnama Setiawan, Senin (6/6).

Dari keterangan pengelola Kasang Kulim Zoo Sdr. Ides, membenarkan bahwa kejadian tersebut memang terjadi di Kasang Kulim Zoo pada Senin, 6 Juni 2022 sekira pukul 13.00 WIB. Saat itu HA, warga Manyar Sakti Pekanbaru sengaja memanfaatkan kelengahan petugas saat istirahat untuk membuat konten dengan melewati pagar pembatas kandang satwa. Pihak pengelola mengetahuinya setelah berita viral di media sosial.

Pengecekan kandang orangutan dilakukan untuk melihat apakah kandang tersebut telah memenuhi persyaratan dimana terdapat pembatas dengan jarak yang cukup aman bagi pengunjung serta diberi papan peringatan untuk tidak memberi makan satwa dan melewati pagar pembatas. Tidak akan terjadi hal viral di media sosial jika pengunjung tidak dengan sengaja melewati batas pengaman.

Soaialisasi dan himbauan baik secara lisan maupun tertulis diberikan kepada pihak pengelola Kasang Kulim Zoo agar meningkatkan pengawasan kepada pengunjung dan selalu mengingatkan pengunjung untuk tidak memberi makan satwa serta melewati batas pengaman berupa papan peringatan maupun pengeras suara secara periodik. Begitu juga dengan petugas agar dilakukan tugas bergilir sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali. Kepada HA akan segera dilakukan pemanggilan untuk pembinaan

Mari, jadilah pengunjung yang pintar dan cerdas. Tidak bertindak kurang pantas demi kepentingan pribadi dan kesenangan sesaat namun merugikan pihak lain.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini