Selamatkan Julang Emas Melalui Foto dan Video

Selasa, 07 Juni 2022

2 ekor Julang Emas sedang bercumbu hasil jepretan

Sibolangit, 6 Juni 2022. Ada banyak ragam cara untuk memperingati dan merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang biasa diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Tahun ini Resort Cagar Alam/Taman Wisata Alam (CA/TWA) Sibolangit merayakannya dengan cara berbeda, yaitu menggandeng salah seorang pencinta satwa burung, Arnov @arnovbirding,  yang datang dari Jakarta untuk mengabadikan hidupan liar berupa  burung Julang Emas (Rhyticeros undulates), satwa yang dilindungi Undang-Undang, dalam bentuk video dan photo-photo, pada Minggu 5 Juni 2022, di kawasan TWA Sibolangit. Ada sekitar 13 (tiga belas) ekor Julang Emas dan burung jenis lainnya yang terpantau dari pukul 06.30-08.15 Wib.  

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 mengusung tema yang sama seperti hari lingkungan hidup pertama tahun  1972,  yaitu “Only One Earth” (Sustainably in Harmony with Nature). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menetapkan tema bagi Indonesia yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan”. Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun ini juga merupakan peringatan 50 tahun Konferensi Stockholm, tentunya menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran serta kepedulian dalam memperbaiki perilaku adil terhadap lingkungan.   Satu Bumi yang kita diami, termasuk juga hutan sebagai habitat satwa liar selayaknya untuk kita jaga, demi kelangsungan kelestariannya di masa depan.

Sehingga kegiatan mengabadikan dan mendokumentasikan hidupan satwa liar jenis julang emas ini, juga menjadi penting artinya dalam upaya edukasi dan awarness bagi masyarakat untuk ikut menjaga serta melestarikan, bukan hanya satwa tetapi juga hutan yang merupakan habitatnya, sehingga bumi serta makhluk hidup yang diam di dalamnya, dapat hidup secara harmonis dan berkelanjutan.

Dengan sosialisasi melalui dokumentasi (photo dan video) juga diharapkan akan tumbuh pengetahuan serta kesadaran masyarakat bahwa satwa liar sebagai salah satu penghuni bumi, juga punya hak yang sama untuk hidup berdampingan dengan makhluk hidup ciptaan Tuhan lainnya. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.

Sumber : Samuel Siahaan, SP.-PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini