Pungut Sampah Bersihkan Zona Khusus TN Manusela

Senin, 06 Juni 2022

Masihulan, 2 Juni 2022. Road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tahun 2022, Balai Taman Nasional (TN) Manusela melakukan aksi bersih sampah di sepanjang zona khusus jalan SS ruas Saleman-Besi,  Kamis (2/6). Kegiatan yang diikuti lebih dari seratus orang ini melibatkan kelompok Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Siswa SD, dan kelompok pemerhati lingkungan di sekitar wilayah kerja Resort Masihulan.

Seperti tahun sebelumnya, semua peserta dibagi dalam 16 kelompok, masing-masing kelompok bertanggung jawab memungut semua jenis sampah yang telah ditentukan klasifikasinya. Sampah-sampah tersebut kemudian ditimbang lalu dihitung jumlahnya sesuai klasifikasi jenis antara lain botol plastik dengan masing-masing ukuran, plastik kemasan dan tas plastik. Total berat sampah yang terkumpul adalah 725,56 Kg. Dari hasil penghitungan didapat 3 jenis sampah dengan jumlah terbanyak berturut-turut ; plastik kemasan lalu botol plastik 600 ml kemudian gelas plastik.

Kepala Balai TN. Manusela, Bapak MHD. Zaidi menyampaikan bahwa aksi bersih sampah ini hanya sebagai aksi simbolis yang pada kenyataannya, bersih sampah adalah aksi setiap saat. “Sampah adalah musuh kita” kata beliau, “Tidak hanya sebatas hari ini saja kita membersihkan lingkungan kita” tutup beliau. 

Sumber : Balai Taman Nasional Manusela

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini