Implementasi Patroli Balai TN Komodo Menggunakan Teknologi Terkini

Senin, 06 Juni 2022

Labuan Bajo, 25 Mei 2022. Resort Loh Wau Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo rutin melaksanakan giat Resort-based Management (RBM) dalam bentuk patroli pengamanan kawasan pada tanggal 19 – 29 Mei 2022. Resort Loh Wau terletak di Pulau Komodo bagian selatan dengan luas total mencapai + 27.197 Ha dengan pembagian cakupan wilayah perairan seluas + 19.510 Ha dan wilayah daratan + 7.686 Ha.

Balai Taman Nasional Komodo kian menggalakan dan menekankan pentingnya implementasi SMART RBM sejak tahun 2021 setiap melaksanakan pengambilan data pengelolaan di tingkat tapak. Tebursio Da Costa (Kepala Resort Loh Wau) mengoordinir kegiatan patroli pengamanan kawasan berbasis sistem digital menggunakan aplikasi Cyber Tracker bersama dengan anggotanya yaitu: Emanuel Jedho (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Wau) dan Benyamin Panus (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Wau). Ketiganya berupaya mengimplementasikan sistem integrasi data terpadu yang berlaku dengan melaksanakan pengambilan data menggunakan fitur teknologi terkini.

Giat patroli pengamanan kawasan di tingkat tapak dalam satu bulan dilaksanakan sebanyak dua kali masing-masing 10 hari penjagaan. Petugas Resort Loh Wau berhasil menjelajahi Lembah Loh Sera dan Lembah Loh Lewe sebagai jalur patroli baru di Resort Loh Wau. Petugas Resort Loh Wau juga turut melakukan inventarisasi keanekaragaman hayati pada lembah tersebut untuk memperkaya data dan informasi pengelolaan dari lembah tersebut. Beberapa temuan data keanekaragaman hayati yang berhasil dicatat oleh petugas antara lain: perjumpaan satwa komodo (Varanus komodoensis) dan rusa timor (Rusa timorenses).

Pencatatan potensi keanekaragaman hayati yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan patroli pengamanan kawasan tentunya membawa dampak positif bagi pengelolaan kawasan dalam hal peningkatan pengalaman kerja petugas serta mendapatkan diversifikasi data dan informasi pengelolaan. Resort Loh Wau berharap agar data perjumpaan flora dan fauna yang ditemukan di Lembah Loh Sera dan Lembah Loh Lewe dapat menambah kekayaan data dan informasi pengelolaan kawasan Taman Nasional Komodo menjadi lebih beragam kedepannya.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Wau - Emanuel Jedho (+6282144254901)

Penyunting Berita:

  1. Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)
  1. Polisi Kehutanan Ahli Pertama - Arif Ardianto Sofian, S.Si. (+6285713254775)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6282145675612)

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini