Balai TN Tesso Nilo Kawal Penanganan Karhutla di LKB

Jumat, 03 Juni 2022

Lubuk Kembang bunga, 2 Juni 2022 – Tercatat dalam 4 hari terakhir, terdapat 5 titik hotspot terpantau di dalam kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). Kepala Balai TN Tesso Nilo Heru Sutmantoro, S.Hut, M.M, pun meninjau dan memimpin langsung penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB), Kamis (2/6).

Penanganan melibatkan unsur terkait, Daops Rengat, Balai PPI Wilayah Sumatera, BPBD Pelalawan, TNI dan Polri serta masyarakat berjumlah 40 orang. Kegiatan diawali dengan apel persiapan penanggulanan karhutla yang dipimpin Kepala Balai TN Tesso Nilo dan diikuti oleh seluruh Brigdalkarhut dan staf serta dilakukan pengecekan kesiapan personil dan peralatan pemadam kebakaran.

Upaya pemadaman terus dilakukan baik darat maupun udara. Water Boombing dilakukan karena lokasi kebakaran susah untuk mendapatkan sumber air dan akses kendaraan harus menggunakan double gardan. Luas total kebakaran sampai saat ini diperkirakan mencapai 50 hektar, dengan vegetasi terbakar berupa semak belukar, alang alang, dan sawit muda  

Selain memimpin patroli di lokasi bekas kebakaran di Kawasan TN Tesso Nilo, Kepala Balai juga menjalin komunikasi dan dukungan dari Kepala Desa sekitar kawasan untuk mendukung penanganan kebakaran hutan dan lahan. Upaya-upaya yang dilakukan ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Balai TN Tesso Nilo menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga keutuhan hutan dan lahan dengan tidak membakar hutan dan melaporkan jika menemukan atau mengetahui aktifitas membakar hutan.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini