Polres Kotamobagu dan Balai TN Bogani Nani Wartabone Amankan Pelaku Aktivitas PETI

Rabu, 01 Juni 2022

Kotamobagu, 31 Mei 2022. Polres Kotamobagu yang dipimpin oleh Kapolres AKBP Irham Halid S.I.K. bersama Kepala Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW) drh. Supriyanto melaksanakan Press Conference terkait permasalahan kasus Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Mengkang, Selasa (31/5).

Berdasarkan laporan dari masyarakat, pada tanggal 24 Mei 2022, Polisi Kehutanan (Polhut) Balai TNBNW bersama dengan anggota unit Tipidter Polres Kotamobagu dan Batalyon B Pelopor SAT BRIMOBDA SULUT melakukan patroli quick response penanganan aktifitas penambangan emas tanpa izin (PETI) di lokasi Molobayan Desa Mengkang Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow. Tim menemukan seorang pelaku berinisial JL (46) warga Desa Tanoyan Utara Kecamatan Lolayan yang sedang melakukan penambangan di dalam lubang tambang. Bersama barang bukti, satu buah betel, satu buah palu, setengah karung Rep (material mengandung emas) sebagai sampel dari 200 karung Rep yang berada di lokasi, satu buah parang, satu buah senter dan satu unit sepeda motor dibawa ke Polres Kotamobagu untuk dilakukan pemeriksaan. Sebelumnya pernah dilakukan juga penegakan hukum terhadap empat pelaku PETI di lokasi yang sama pada pertengahan tahun 2020.

Pada acara Press Conference tersebut Kapolres menegaskan untuk tidak melakukan aktifitas illegal di kawasan TNBNW khususnya terkait PETI dan kegiatan illegal lainnya. Selain itu, Kepala Balai TNBNW juga menyampaikan sekaligus menegaskan terkait isu pelepasan kawasan TNBNW khususnya yang ada di Desa Mengkang, saat ini belum ada perubahan dengan status dan luasan kawasan TNBNW.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakapolres Kotamobagu, Kasat Reskrim Kotamobagu, beberapa Pejabat Polres Kotamobagu lainnya, serta Kepala SPTN Wilayah II Doloduo  BTNBNW dan Kepala Satgas BTNBNW.

Sumber : Ridwan Abdul - Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini