Masih Adanya Pembukaan Lahan, BBKSDA Riau Pasang Rambu Peringatan

Senin, 09 Mei 2022

Pekanbaru, 1 Mei 2022 - Resort Bukit Rimbang Bukit Baling Balai Besar KSDA Riau melakukan patroli pengamanan kawasan tepatnya di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi pada Selasa hingga Kamis, 19 s.d 21 April 2022.

Dipimpin Kepala Resort, Ahmad Fitriansyah, Tim berpatroli ke Desa Koto Kombu, Kecamatan Hulu Kuantan untuk menindaklanjuti adanya informasi pembukaan lahan perkebunan yang akan mengarah ke kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling.

Setelah menelusuri lokasi, tidak ditemukan aktifitas pembukaan lahan, kemudian petugas berkoordinasi dengan aparat Desa Koto Kombu dan KPH Kuansing. Dari keterangan yang diperoleh, bahwa berita tentang pembukaan lahan tersebut tidaklah benar.

Patroli kemudian dilanjutkan dengan pengecekan melalui koridor RAPP dan ditemukan jalan yang diduga sering dilalui orang untuk masuk ke arah SM Bukit Rimbang Bukit Baling. Setelah ditelusuri, ditemukan adanya bekas aktifitas masyarakat dan pondok yang berada di dalam kawasan serta dijumpai beberapa aktivitas kegiatan perambahan di lokasi, berupa pohon yang sengaja dicat merah sebagai penanda batas tanah.

Barang bukti temuan langsung dirobohkan seperti pondok dan dipasang rambu atau plang peringatan serta himbauan di beberapa titik lokasi bahwa kawasan tersebut adalah kawasan konservasi yang bagi siapapun dilarang melakukan aktivitas di kawasan tersebut.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini