Kandang Transit Satwa Berstandar Internasional di BKSDA Kalimantan Selatan

Selasa, 26 April 2022

Banjarbaru, 18 April 2022 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) saat ini memiliki kandang transit satwa yang menampung satwa hasil konflik, satwa sitaan dan juga satwa serahan dari masyarakat. Apresiasi buat masyarakat yang sudah sadar untuk tidak memelihara satwa dilindungi yang tidak jelas asal usulnya.

“Kami merawat satwa kelompok primata, aves, mamalia dan reptilia. Satwa-satwa ini dirawat oleh 2 orang perawat satwa. Kesehatan satwa tersebut juga selalu dicek oleh dokter hewan.” Jelas Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc. Kepala Balai BKSDA Kalsel. “Progres pemeliharaan satwa ini bukan sekedar dirawat saja, namun diobservasi untuk dilepasliarkan atau dilakukan tindakan konservasi lain demi kelestariannya. Jika dalam observasi, satwa tersebut sehat dan dapat bertahan hidup di alam, tentu akan segera  dilepasliarkan ke habitatnya” tambahnya.

Sebagai salah satu bentuk komitmen dalam penyelamatan satwa, BKSDA Kalsel terus berusaha memperbaiki sarana prasarana pendukung dan juga menjalin kerjasama dengan banyak pihak guna pemenuhan kesejahteraan satwa. BKSDA Kalsel bersama dengan Taman Safari Indonesia sesuai Nota Kesepakatan akan membangun kandang transit satwa berstandar internasional. Secara bertahap akan dibangun kandang transit menggantikan kandang transit yang lama.

Terdapat persyaratan umum yang harus diperhatikan dalam membuat kandang, misalnya dari segi teknis, ekonomi, kesehatan kandang (ventilasi kandang, pembuangan kotoran), efisiensi pengelolaan dan kesehatan lingkungan sekitarnya. Kandang satwa yang baik adalah kandang yang dari segi pencahayaan mencukupi untuk satwa atau kandang tersebut tersinari matahari pagi. Kemudian secara pemenuhan kebutuhan air juga baik, serta hal yang tidak kalah penting adalah jauh dari hiruk pikuk permukiman untuk menghindari stres satwa maupun polusi suara dan limbah bagi lingkungan sekitar.

2-2022-04-25 at 4.04.19 PM

Dari segi tipe kandang, kandang paddock merupakan tipe kandang yang dirasa ideal. Satwanya ditempatkan secara individual dan mempunyai umbaran. Hal itu dimaksudkan agar satwa dapat bergerak lebih bebas jika dibandingkan dengan kandang tipe lainnya. Kandang tipe ini secara khusus diperuntukkan bagi satwa agar dapat melakukan olahraga atau pergerakan. Jenis kandang tipe seperti inilah  dalam waktu dekat yang akan dibangun di BKSDA Kalsel. (ryn)

Sumber : Titik Sundari, S.Hut - PEH Balai KSDA Kalimantan Selatan 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini