Lembaga Konservasi di Yogyakarta Dukung Konservasi Macan Tutul di TN Gunung Ciremai

Kamis, 10 Maret 2022

Yogyakarta, 9 Maret 2022. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta mendukung dan mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan Gembira Loka Zoo (GL Zoo) dalam upaya penyelamatan satwa liar. Di sela-sela acara pelepasliaran Rasi, Macan Tutul betina di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Kuningan hari Sabtu (5/3/22), Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menyampaikan apresiasinya pada GL Zoo. “GL Zoo ini merupakan salah satu Lembaga Konservasi (LK) umum binaan Balai KSDA Yogyakarta yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, namun tidak diragukan lagi komitmennya terhadap upaya penyelamatan satwa liar di Indonesia. Pada kegiatan pelepasliaran macan tutul di TNGC ini, GL Zoo juga turut berkontribusi mendukung PPS Cikananga dalam kegiatan pra release terutama penyediaan sarpras cctv dan kandang habituasi.” tutur M. Wahyudi.

Mencermati catatan perjalanan penyelamataan satwa yang dilakukan GL Zoo bersama BKSDA Yogyakarta, upaya penyelamatan satwa yang dilakukan GL Zoo cukup beragam, beberapa kali GL Zoo terlibat dalam kegiatan translokasi dan release satwa di beberapa kawasan konservasi di Indonesia serta turut serta dalam penyelamatan satwa hasil koordinasi peredaran TSL di DIY.

Di tahun 2013, GL Zoo telah membantu proses release Elang Brontok di Hutan Adat Wonosadi, Gunung Kidul melalui penyediaan sarana prasarana pendukung release, di tahun 2018, GL Zoo turut serta dalam upaya release Merak Hijau (Pavo muticus) TN Alas Purwo, dan di tahun 2021, GL Zoo berkontribusi dalam upaya translokasi satwa endemik Papua ke Balai Besar KSDA Papua.

Terkait upaya penyelamatan satwa hasil koordinasi peredaran TSL di DIY yang dilakukan oleh instansi penegak hukum yang berada di wilayah DIY bersama dengan Balai KSDA Yogyakarta, GL Zoo berperan sebagai tempat penitipan satwa hasil operasi peredaran TSL tersebut untuk selanjutnya dilakukan perawatan lebih lanjut hingga diperoleh keputusan inkrah dari pengadilan sebelum dilakukan pelepasliaran satwa atau tindakan lainnya.

Upaya penyelamatan satwa yang dilakukan GL Zoo tidak hanya terbatas di DIY saja, akan tetapi juga berkontribusi dalam penyelamatan satwa di luar DIY yang salah satunya dengan turut serta mendukung proses release Rasi, Macan Tutul betina yang dilepasliarkan di kawasan hutan TNGC, Kuningan akhir pekan lalu. Koordinasi yang apik antara GL Zoo dengan PPS Cikananga  memberikan ruang bagi GL Zoo untuk berperan serta menyediakan sarpras pendukung pelepasliaran Rasi sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Direktur Jenderal KSDAE, Ir. Wiratno M.Sc yang diwakili Direktur Bina Pengelolaan dan Pemulihan Ekosistem (BPPE), Dr. Ammy Nurwati telah melakukan pelepasliaran macan tutul betina bernama Rasi di kawasan hutan TNGC akhir pekan yang lalu. Saat ditemukan di perbatasan hutan, diperkirakan usia Rasi sekitar 3 – 6 bulan, dan kini telah berusia 3 tahun dan dipandang siap kawin. Dilepasliarkannya Rasi di TNGC ini diharapkan dapat memancing kehadiran Slamet Ramadan, macan tutul jantan hasil serahan masyarakat ke Balai Besar KSDA Jawa Barat yang telah direlease di TNGC tahun 2019 yang lalu. Keberadaan Rasi dan Slamet Ramadhan di kawasan hutan TNGC diharapkan dapat mendorong bertambahnya populasi macan tutul di TNGC.

Pada kesempatan tersebut diserahkan piagam penghargaan dari Direktur Jenderal KSDAE Kepada Direktur Utama GL Zoo KMT. A. Tirtodiprojo atas dukungannya dalam penanganan dan pelepasliaran macan tutul “Rasi” di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai pada tanggal 5 Maret 2022, serta kepeloporan dan kepemimpinannya dalam pengelolaan Kebun Biantang Gembira Loka. Penghargaan juga diberikan kepada Manajer Konservasi GL Zoo, Vanda Tirtayani Josephine atas dukungannya dalam penanganan dan pelepasliaran macan tutul “Rasi” di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai pada tanggal 5 Maret 2022.

Sumber :Balai KSDA Yogyakarta dan Balai TNGC

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta-Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini