Penanaman Mangrove Bersama Masyarakat di Pulau Pasitallu Timur

Selasa, 08 Maret 2022

Pasitallu Timur, 6 Maret 2022. Awal Maret 2022, personil Resort Pasitallu Timur Balai Taman Nasional Taka Bonerate melaksanakan rangkaian kegiatan penanaman mangrove di Pulau Pasitallu Timur bersama pelajar dan masyarakat.

Petugas bersama dengan masyarakat menanam sebanyak 1.500 bibit mangrove di bagian Timur Pulau Pasitallu Timur, Selasa (1/3). Kemudian di tanggal 3 Maret 2022, petugas kembali menanam mangrove bersama murid SD Inpres No. 69 Pasitallu Timur, sebanyak 3.040 bibit mangrove berhasil ditanam di bagian Utara Pulau ini, dan keesokan harinya, pada 4 Maret 2022, personil Resort Pasitallu Timur kembali melakukan penanaman dengan adik-adik SMP negeri No 31 dan sebanyak 500 bibit ditanam, kali ini lokasi penanaman dibagian Timur pulau pasitallu Timur.

Diinformasikan bahwa sejak Desember 2020 sampai dengan Maret 2022 total bibit mangrove yang tertanam adalah sekitar 12.240 bibit. Bibit-bibit tersebut semuanya berasal dari bibit mangrove yang hanyut terbawa air laut di Muson Barat.

Mangrove berfungsi untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, serta meredam gelombang besar termasuk tsunami. Selain itu mangrove juga berfungsi sebagai habitat berbagai jenis satwa dan tempat pembesaran (nursey ground) jenis ikan laut.

Mari menjaga kelestarian kawasan mangrove agar tetap lestari, karena mangrove adalah penyelamat kehidupan bagi masyarakat daerah pesisir pantai.

Semoga mangrove ini tumbuh subur dan bermanfaat bagi masyarakat dan Pulau Pasitallu Timur.

Sumber : Balai Taman Nasional Taka Bonerate

????& ????: @marannuhendra – Hendra Marannu (Polhut TN Taka Bonerate)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini