Resort Duri Balai Besar KSDA Riau Lakukan Patroli Pengamanan Kawasan SM Giam Siak Kecil

Jumat, 25 Februari 2022

Pekanbaru, 25 Februari 2022 - Petugas Balai Besar KSDA Riau Resort Duri melakukan patroli di kawasan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, tepatnya di Desa Tasik Serai KM 68 (21/02). Dalam pelaksanaan kegiatan patroli tersebut, tim menemukan adanya kegiatan perambahan di dalam kawasan.

Berawal saat petugas melakukan pengecekan di pinggir kawasan SM  Giam Siak Kecil yang berbatasan dengan Desa Tasik Serai KM 68, tim menemukan jejak alat berat yang mengarah masuk ke dalam kawasan sekitar ± 900 meter dari batas kawasan.

Tim menelusuri jejak alat berat tersebut. Namun, sesampainya di lokasi tidak ditemukan alat berat/excavator ataupun para pekerja. Tim hanya menemukan bekas aktivitas perambahan berupa pembukaan lahan, pembuatan badan jalan baru dan pembuatan kanal-kanal baru. Sungguh sangat disayangkan, kawasan yang harusnya rimbun dengan berbagai flora dan fauna di dalamnya, sebaliknya malah akan dijadikan lahan sawit oleh oknum tak bertanggung jawab.

Tim melanjutkan penyisiran di sekitar lokasi dan menjumpai beberapa pondok perambah yang tak berpenghuni. Namun, dilokasi tersebut juga tidak ditemukan alat berat/excavator. Pemusnahan bibit sawit yang baru ditanam segera dilakukan petugas dengan mencabutnya. Tim akan terus berupaya melakukan pemantauan.

Bagi yang melakukan perambahan, berhentilah! Sebelum tertangkap dan dikenai sanksi kurungan ataupun denda. Bagi warga sekitar kawasan, mari bergandengan tangan untuk selamatkan hutan yang ada. Karena, warga terdekatlah yang pertama akan terdampak imbasnya jika terjadi bencana.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

(Teks : DI, Foto : Tim admin BBKSDA Riau )

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini