Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Muara Sabuhur SM Pelaihari

Kamis, 24 Februari 2022

Sabuhur,  Februari 2022 – Pantai Muara Sabuhur merupakan bagian dari kawasan Suaka Margasatwa (SM) Pelaihari yang berada pada Blok Khusus dan Blok Pemanfaatan. Dengan potensi panorama alam yang indah menjadi salah satu tujuan pengelolaan wisata terbatas yang dapat dikembangkan. Akan tetapi, banyaknya sampah plastik yang ditinggalkan oleh pengunjung dan masyarakat (nelayan) yang bermukim di sekitar kawasan SM. Pelaihari serta sampah kiriman dari muara Sungai Barito mengakibatkan pantai tersebut menjadi kotor sehingga mengurangi daya tarik wisatawan. 

Dalam rangka rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022, atas arahan Kepala Balai, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I, Mirta Sari, S. Hut. M.P beserta jajarannya, melibatkan Kelompok Sadar Wisata Konservasi (POKDARWISKON) Pantai Baru beserta masyarakat Desa Sabuhur untuk melakukan pembersihan Pantai Muara Sabuhur yang terbagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok pembersihan pantai bagian Timur dan kelompok pembersihan pantai bagian Barat. Dengan semangat di pagi hari, sampah terkumpul sebanyak 17 kantong plastik sampah, dengan berat kurang lebih 83 kg yang didominasi oleh sampah plastik.

3-2022-02-23 at 17.58.56

Apresiasi disampaikan oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M. Sc. kepada semua pihak yang terlibat dalam pembersihan pantai Muara Sabuhur. Dengan diadakannya pembersihan pantai diharapkan adanya kesadaran dari pengunjung dan masyarakat setempat agar dapat memelihara keindahan serta kebersihan pantai muara sabuhur sehingga dapat ditata dan dikelola untuk dijadikan sebagai lokasi wisata terbatas di SM. Pelaihari Tanah Laut. Kita harus mengutamakan kebersihan dan keamanan jika ingin kunjungan wisata berkelanjutan. (ryn)

Sumber : Hendar Wibawa - Polhut Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini