Obati Gajah Liar Sakit, BBKSDA Riau Koordinasi Dengan Balai TN Tesso Nilo

Selasa, 26 Oktober 2021

Pekanbaru, 26 Oktober 2021 - Balai Besar KSDA Riau dan Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) berkoordinasi melakukan pengobatan gajah liar yang sakit di Desa Pontian Mekar (SP 4), Kec. Lubuk Batu Jaya,  Kab. Indragiri Hulu, Sabtu (23/10).

Pengobatan diawali dengan pembiusan dan identifikasi gajah yang diketahui berjenis kelamin betina, dengan umur sekitar 30 tahun, tinggi 217 cm dan berat badan lebih kurang 2 ton. Dari hasil pemeriksaan fisik menunjukan gajah tersebut mengalami radang/pembekakan dan luka terbuka pada bagian organ reproduksi luar, dimana sudah ada larva/ulat di bagian tersebut. Dengan kondisi tubuh kurus, dan nafsu makan kurang. Luka pada tubuh gajah kemudian dibersihkan dan diberi obat topikal pada daerah serta diambil sampel darah untuk dibawa ke laboratorium untuk mengetahui kondisi kesehatan gajah secara umum. 

Setelah dilakukan pengobatan, Tim medis segera menyadarkan satwa dan melepasliarkan kembali ke alamnya sembari terus dilakukan pemantauan dan pengamatan pergerakan satwa untuk mengetahui perkembangan kondisi gajah liar. Pengamatan sementara, gajah bergerak lebih gesit dari sebelumnya dan Tim tetap melakukan pemantauan sampai gajah liar sumatera tersebut benar-benar pulih dan aman serta akan digiring kembali ke habitatnya di kawasan Taman Nasional Teso Nilo.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini