Pemilihan Duta Karang TN Taka Bonerate Bukan Hanya Ajang Kompetisi

Selasa, 15 Oktober 2024 BTN Taka Bonerate

TN Taka Bonerate - Kepulauan Selayar, 15 Oktober 2024. Pada Festival Taka Bonerate dan Taka Bonerate Dive Camp 2024, pemilihan duta karang menjadi sorotan utama yang memikat perhatian para pengunjung dan peserta. Acara ini bukan hanya merayakan keindahan bawah laut di sekitar Taman Nasional Taka Bonerate, tetapi juga mengangkat kesadaran akan perlindungan terumbu karang yang kaya akan kehidupan laut. Setiap tahun, kompetisi duta karang ini mengundang dua orang pelajar SMP sebagai perwakilan putera puteri terbaik dari desa-desa dalam kawasan dan daerah penyangga khususnya Pulau Kayuadi untuk berkompetisi dengan mempertunjukan bakat dan wawasan terhadap lingkungan di depan para pengunjung dan para dewan juri.

"Tahun ini ada 12 putera-puteri yang berkompetisi diajang Duta Karang ini, dari berbagai desa dalam kawasan TN Taka Bonerat dan daerah penyangga Kayuadi," ungkap ketua pelaksana Taka Bonerate Dive Camp 2024 Khoirul Anam.

Peserta Festival Taka Bonerate Dive Camp 2024 tidak hanya dinilai atas kemampuan bakat mereka, tetapi juga atas dedikasi dalam melestarikan lingkungan bawah laut. Selain hal tersebut, mereka juga menunjukkan kreatifitas berbusana dan kepiawaian berjalan diatas panggung. Hal ini menciptakan sebuah platform yang unik dimana para peserta tidak hanya bersaing, tetapi juga belajar dan berbagi pengetahuan untuk menjaga kelestarian alam.

Pemilihan duta karang menjadi momen penting dalam festival ini, para peserta tidak hanya dipilih berdasarkan kecakapan mereka dalam berpenampilan, tetapi juga bagaimana mereka mampu menjadi duta yang dapat menginspirasi orang lain untuk turut serta dalam pelestarian terumbu karang. Ini merupakan wujud nyata yang dapat menjadi kekuatan positif dalam upaya pelestarian lingkungan, khususnya di kawasan Taman Nasional Taka Bonerate.

"Pemilihan Duta Karang tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu adanya kategori Duta Karang Favorit dengan vote melalui QRIS, ini berkat kolaborasi dengan Bank SulSelBar Cabang Kepulauan Selayar dan Bank Indonesia Sul-Sel," Jelas Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate Ali Bahri.

Yang kemudian nantinya hasil vote akan disumbangkan ke Mesjid Babur Rahim Desa Jinato dan sampai akhir kegiatan sumbangan terkumpul sebesar 5,7 Juta Rupiah.

"Ini yang membanggakan dalam 5 hari bisa mendapatkan voting QRIS hampir 5000an transaksi dan lebih dari 5,7 juta masuk ke QRIS Mesjid Babur Rahim Desa Jinato," ungkap Edy Kristianto Deputi Direktur Bank Indonesia Sul-Sel.

Melalui pemilihan duta karang, Festival Taka Bonerate 2024 tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebuah panggung untuk memperlihatkan kepada dunia betapa berharganya terumbu karang dan keindahan alam bawah laut yang perlu dijaga dan dilestarikan untuk generasi mendatang. Dengan demikian, festival ini bukan sekadar acara seremoni atau kompetisi semata, tetapi juga merupakan upaya nyata dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kesadaran global khususnya generasi muda akan pentingnya menjaga kelestarian laut kita.


Dan selamat kepada Duta Karang 2024 yang terpilih yaitu :

Juara 1 Duta Karang Putra Andi Rizki Ardian dari Desa Batang,

Juara 2 Duta Karang Putra Muhammad Aidin dari Desa Jinato,

Juara 3 Duta Karang Putra Yusri dari Desa Jinato,

Juara 1 Duta Karang Putri Fitriani dari Desa Batang,

Juara 2 Duta Karang Putri Nur Sazkia Ulfa dari Desa Jinato,

Juara 3 Duta Karang Putri Fairuz Zaskia dari Desa Latondu,

Duta Karang Favorit Vote QRIS Putra Andi Rizki Ardian dari Desa Batang,

Duta Karang Favorit Vote QRIS Putri Ayatul Husna dari Desa Tarupa,


Para dewan juri Duta Karang yakni Muhammad Ikhwan Am - Iwan Dento (Peraih Kalpataru 2023 dan Penghargaan Satyalencana Kepariwisataan 2024), Siti Hajar Putri Maharini (Winner Putri Maritim Sul-Sel 2024) dan Rifqah Magfirah An'Nur (2nd Runner Up Duta Lingkungan Hidup Sul-Sel 2022).

Acara dipandu dengan sukses oleh Wiwik Rabiatul Adawiah Puteri Maritim Sul-Sel Lingkungan 2019.

Sumber: Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Sumber Teks : Asri - Humas Balai TN Taka Bonerate

Sumber Foto : Taufik, Andi Firman - Humas Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini