Puluhan Siswa SDIT Belajar Mengenal Keanekaragaman Hayati di Jurang Jero TN Gunung Merapi

Rabu, 22 Mei 2024 BTN Gunung Merapi

Magelang, 21 Mei 2024. Belajar dapat dilakukan di mana saja, juga tentang apa saja.  Seperti yang dilaksanakan oleh SDIT Zaid bin Tsabit @sdit.zabitsa Magelang di Obyek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero, Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Srumbung, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Magelang, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Pada tanggal 21 Mei 2024, sejumlah 140 siswa-siswi kelas 3, 4, dan 5 SDIT Zaid bin Tsabit beserta para guru pendamping melaksanakan Kegiatan Puncak Ekstrakurikuler Tahun 2023/ 2024.  Dalam kesempatan ini, mendapatkan pemaparan terkait Taman Nasional beserta Keanekaragaman Hayati yang ada di dalamnya.  Termasuk juga penyampaian beberapa aksi nyata yang bisa dilakukan oleh para siswa dalam rangka merawat bumi dan selamatkan generasi.  Pada acara pendampingan ini petugas TNGM dibantu oleh Masyarakat Mitra Polhut (MMP) RPTN Srumbung dalam melakukan simulasi pemadaman kebakaran hutan di kawasan TNGM. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman sejumlah 25 (dua puluh lima) bibit pohon jenis Berasan dan Cepogo di sekitar areal OWA Jurang Jero, sebagai aksi nyata siswa-siswi SDIT Zaid bin Tsabit dalam Merawat Bumi dan Selamatkan Generasi.   

Pada kesempatan terpisah, Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi, menyampaikan betapa pentingnya pendidikan konservasi dimulai sejak dini untuk membentuk karakter kader konservasi bagi kelestarian alam di masa yang akan datang.

Antusiasme dan keceriaan terlihat jelas di wajah siswa-siswi SDIT Zaid bin Tsabit dalam mengikuti rangkaian ini.   Di akhir acara, siswa-siswi diajak bermain di alam sembari menikmati suasana keasrian di OWA Jurang Jero.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Merapi

****


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini