Bina Cinta Alam Melalui Visit to School Taman Nasional Kepulauan Togean

Rabu, 15 Mei 2024 BTN Kepulauan Togean

Ampana, 15 Mei 2024. Tim Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Popolii, Balai Taman Nasional Kepulauan Togean mengadakan kegiatan Sosialisasi Bina Cinta Alam Visit to School ke SMP Negeri 1 Walea Kepulauan pada tanggal 3 – 5 Mei 2024. Kegiatan dilaksanakan dengan sistem di dalam dan di luar kelas. Pada tanggal 3 Mei 2024, siswa dan siswi dari SMP Negeri 1 Walea Kepulauan belajar tentang “Mengenal Taman Nasional Kepulauan Togean”. Melalui pembelajaran ini mereka jadi tahu pengertian taman nasional, alasan keberadaan Kepulauan Togean menjadi taman nasional, tugas dan fungsi taman nasional, satwa- satwa yang dilindungi, kegiatan apa saja yang dapat merusak ekosistem terumbu karang, dan kegiatan yang menjadi gangguan terhadap kelestarian Taman Nasional Kepulauan Togean.

Pada tanggal 4 Mei 2024, siswa dan siswi SMP Negeri 1 Walea Kepulauan belajar di kelas tentang “Hutan”, meliputi pengertian hutan, fungsi-fungsi hutan serta banyaknya pengaruh hutan bagi kehidupan sehari-hari, serta akibat yang terjadi jika hutan dirusak. Oleh karena itu, siswa dan siswi dapat tersadarkan bahwa hutan harus dijaga dan dilestarikan. 

Di hari terakhir, pada tanggal 5 Mei 2024, kegiatan dilaksanakan di pantai pasir putih Desa Popolii. Kegiatan yang dilakukan yaitu pembelajaran tentang bahaya sampah dan lamanya sampah terurai oleh alam, aksi bersih sampah, pelestarian ekosistem terumbu karang dengan cara transplantasi terumbu karang serta pengenalan alat-alat selam. Siswa dan siswi SMP 1 Walea Kepulauan sangat menikmati kegiatan pembelajaran outdoor ini.

Kegiatan Visit to School ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman tentang pelestarian keanekaragaman hayati dan ekosistemnya serta pentingnya menjaga hutan untuk kehidupan sehari-hari sejak dini. Kegiatan berlangsung seru, menarik dan para siswa siswi sangat antusias mengikuti kegiatan. Agar siswa dan siswi semakin bersemangat dalam mengikuti kegiatan, Tim SPTN Wilayah III Popolii memberikan hadiah bagi siswa dan siswi yang berhasil menjawab pertanyaan dari tim disetiap materi yang disampaikan.  Kemudian kegiatan diakhiri dengan peletakkan substrat hasil transplantasi terumbu karang yang dilakukan oleh siswa siswi, percobaan alat-alat selam dan foto bersama serta pemberian cendramata berupa plakat kepada kepala sekolah SMP Negeri 1 Walea Kepulauan.

Sumber: Balai Taman Nasional Kepulauan Togean

Penulis : Vandra Melvi Juwairiyah Lubis – PEH Pemula Editor : Amalia Diaztari, S.Hut – Penyuluh Ahli Pertama 


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini