Pembentukan Kelembagaan Masyarakat Purba Dolok

Selasa, 26 Maret 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Bimbingan dan arahan dari Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran

Purba Dolok, 26 Maret 2024. Masih dalam rangkaian Kegiatan Fasilitasi Usaha Ekonomi Produktif di Sekitar Kawasan Konservasi Tahun 2024, bertempat di aula kantor Pangulu Nagori Purba Dolok, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun diadakan kegiatan Pembentukan/Penguatan Kelembagaan Masyarakat oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar pada Jumat (8/3). Seperti diketahui bahwa Nagori Purba Dolok salah satu nagori yang berada di sekitar Kawasan Konservasi Cagar Alam (CA.) Martelu Purba.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Pangulu Nagori Purba Dolok, Bapak Rebin Perdiaman Saragih. Dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran Bapak Alfianto L. Siregar, S.Hut, MT, M.PP. Dalam sambutannya, Bapak Rebin Perdiaman Saragih menyampaikan terima kasih kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara atas perhatiannya kepada Nagori Purba Dolok dengan memberikan bantuan Ekonomi Produktif kepada masyarakat. Beliau juga menghimbau masyarakatnya untuk merawat bantuan yang diterima.

Pembentukan Kelembagaan Masyarakat ini sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu atas prakarsa pemerintah nagori dan masyarakat yang difasilitasi oleh Resor CA. Martelu Purba sehingga resmilah terbentuk Kelompok Tani Hutan “Bolon Ma” melalui Keputusan Pangulu Nagori Purba Dolok Nomor : 01/Kelompok Tani Hutan BOLONMA/2/2024 tanggal 21 Februari 2024, beranggotakan 23 orang yang merupakan penduduk asli Nagori Purba Dolok. Kelompok Tani Hutan “Bolon Ma” inilah yang nantinya akan menerima bantuan Usaha Ekonomi Produktif dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara Tahun 2024. 

Pada kesempatan ini Tim Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar juga melakukan verifikasi adminitrasi dan teknis terhadap proposal Kelompok Tani Hutan “Bolon Ma” sesuai Keputusan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Nomor: SK.231/K.3/KSA/BIDTEK/07/2023 tanggal 20 Juli 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Kegiatan Kesepakatan Konservasi Lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Hasil dari verifikasi ini dituangkan dalam Berita Acara, dan nantinya secara berjenjang akan diverifikasi lagi oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Di akhir kegiatan sebelum menutup acara, Kepala Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran Bapak Alfianto L. Siregar, S.Hut, MT, M.PP menyampaikan harapanya semoga bantuan yang diberikan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara bermanfaat bagi Kelompok Tani Hutan “Bolon Ma” dan masyarakat sekitarnya. Kelompok Tani Hutan “Bolon Ma” secara kelembagaan tetap solid dan semakin berkembang. 

Pengurus dan anggota Kelompok Tani Hutan “Bolon Ma”

Sumber : Lisbeth Yuni S. Manurung, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan Muda) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini