Magang Di Rumah Rakyat Sambangi TN Gunung Gede Pangrango

Jumat, 17 November 2023 BBTN Gunung Gede Pangrango

Cibodas, 17 November 2023. Komisi IV DPR-RI menjadi tempat magang mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Indonesia antara lain: Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Jember, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Udayana, Universitas Mulawarman, Universitas Tadulako, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Patttimura.

Mengambil tema Magang Di Rumah Rakyat (MDRR), kegiatan yang dilaksanakan selama 4 bulan ini tak lain merupakan implementasi "Kampus Merdeka".  Tak hanya mengikuti agenda rutin anggota dewan, 10 orang mahasiswa tersebut juga mengunjungi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 15 s.d 17 November 2023.

Hari pertama, rombongan tiba di kantor balai dan langsung menerima paparan materi Overview TNGGP oleh Kepala Bagian Tata Usaha Dr. Anggit Haryoso, S.Hut., M.Sc. dan Tata Kelola Wisata TNGGP yang disampaikan Agus Yulianto, S.Si., M.IDS., M.Eng. sebagai Kepala Bidang Teknis. Dilanjutkan dengan mengunjungi pengelolaan TNGGP tingkat tapak terdekat yaitu Resort Cibodas dan Mandalawangi, disini potensi yang disuguhkan adalah air terjun Ciwalen, jalur interpretasi, Canopy Trail, bumi perkemahan dan Gallery Korea. 


Kunjungan ke Situgunung menjadi destinasi dihari kedua dan ketiga, disambut langsung Kepala Balai Besar Sapto Aji Prabowo, S.Hut., M.Si. dan Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi Susanti, S.Hut., M.Sc. 

"Di Situgunung, adik-adik mahasiswa dapat melihat langsung kolaboratif pengelolaan wisata yang sudah berjalan baik dan sinergis" ucap Sapto.

Diskusi singkat menjadi pembuka lawatan yang kemudian berlanjut ke Lembah Purba Suspension Bridge, Flying Fox, Air Terjun Sawer, dan Danau Situgunung hingga akhirnya menginap di Glamping Bungbuay. Rasa syukur, senang dan bangga bercampur aduk diungkapkan seluruh peserta,

"Pengalaman yang sangat berharga kami dapatkan dari kunjungan ke TNGGP" ucap Akbar, koordinator MDRR.


Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks  : Agus Deni  @agustdenie

Foto : Tim Publikasi BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini