Penyerahan Bantuan Terhadap Tiga Kelompok Binaan TN Gunung Merapi

Rabu, 18 Oktober 2023 BTN Gunung Merapi

Magelang, 17 Oktober 2023 - Bertempat di Kantor Balai Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Srumbung, dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) atau Sosialisasi Bantuan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Sekitar Kawasan TN Gunung Merapi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM).  

Juga hadir pada kesempatan ini anggota Komisi IV DPR RI Vita Ervina, S.E., M.B.A., Plt. Kepala Balai TN Gunung Merbabu, Forkompinca Dukun, Kepala Desa Ngargomulyo, Kepala Desa Keningar, Kepala Desa Paten, Kepala Desa Ketunggeng, Mitra BTNGM, dan awak media.

Pada kesempatan ini, Kepala BTNGM bersama Vita Ervina, selaku anggota komisi IV DPR RI   menyerahkan secara simbolis kepada 3 (tiga) mitra/kelompok binaan BTNGM yaitu Kelompok Tani Hutan (KTH) Babadan Asri Desa Paten sebesar Rp 35.000.000, KTH Hutan Lestari Desa Keningar sebesar Rp 25.000.000, dan KTH SPKP Merapi Asri Desa Ngargomulyo sebesar Rp 30.0000.000. Bantuan tersebut berasal dari dana DIPA BTNGM tahun anggaran 2023.


Dapat diinformasikan, terdapat 30 (tiga puluh) desa penyangga kawasan konservasi BTNGM. Di Kabupaten Magelang terdapat Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Dukun dan RPTN Srumbung dengan total 10 (sepuluh) desa penyangga. Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh BTNGM telah memberikan dampak ekonomi. Salah satunya melalui pemberian bantuan usaha ekonomi produktif kepada kelompok binaan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat sekitar kawasan. 

Kemudian dalam sambutannya, Widodo, selaku Kepala Desa Ngargomulyo, menyampaikan selamat datang kepada tamu undangan dan narasumber yang hadir serta terima kasih atas penyelenggaraan kegiatan di desanya.

Bimtek kali ini cukup istimewa, karena menghadirkan empat narasumber, yaitu Muhammad Wahyudi, S.P., M.Sc. selaku Kepala Balai TNGM memaparkan nilai penting keberadaan kawasan dan upaya Pemberdayaan Masyarakat di TNGM. Kedua, Gunawan Yudi Nugroho, S.STP., M.M. selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magelang menyampaikan Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Magelang. Ketiga, Ir. Slamet Rohadi, M.P. selaku Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IX menyampaikan Program Pemberdayaan Masyarakat di CDK Wilayah IX. 

Selanjutnya, Vita Ervina, selaku anggota Komisi IV DPR RI, yang dalam kesempatan ini menyampaikan sambutan dan arahannya terkait program pemberdayaan masyarakat. Disampaikannya bahwa komitmen pemerintah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat diwujudkan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat. Harapannya, bantuan yang diberikan menjadi stimulus masyarakat. Vita memberikan arahan agar dibangun sekolah alam sehingga anak-anak sejak dini mengetahui potensi alam dan tumbuh kesadaran untuk melestarikannya.


Di akhir acara, Muhammad Wahyudi, berharap agar masyarakat di sekitar kawasan TNGM dapat ikut menjaga kawasan dikarenakan TNGM memiliki nilai penting yang harus dijaga kelestariannya.


Sumber: Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini