Balai TN Taka Bonerate Ajak Mitra Dukung Kegiatan KPPL

Jumat, 14 April 2023

Tarupa, 14 April 2023. Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Tarupa, petugas seksi dan resort Tarupa Kecil bersama mitra WCS-IP melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan kelompok KPPL (komunitas pemuda peduli lingkungan) Tarupa, Rabu (12/4), di kantor SPTN Wilayah I Tarupa.

Raduan, SH., M.A.P., Kepala SPTN Wilayah I Tarupa membuka acara dengan apresiasi kepada anak muda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Desa Tarupa. Selain itu, Kepala SPTN juga memberikan motivasi dan tips antara lain selalu berpikir positif dan solutif dalam penyelesaian dinamika kelompok agar tercipta keselarasan dalam komunitas kelompok dalam menjalankan visi dan misinya. Harapannya, KPPL dapat menjadi pemuda pelopor dalam program lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam yang ramah lingkungan dan berkekanjutan, dan Balai TN Taka Bonerate khususnya SPTN Wilayah I yang akan melakukan bimbingan dan pendampingan yang diperlukan.

Perwakilan dari mitra WCS-IP, Sudarman, S.Pi, M.Si, menyampaikan dukungan untuk monitoring yang dilakukan meliputi kelembagaan kelompok, pelaksanaan kedai konservasi, ekowisata, dan gerai nelayan yang rencana pengelolaannya ke depan juga diserahkan ke kelompok KPPL Tarupa. 

Tantangan membangun dan memperkuat usaha kecil di desa selama ini antara lain dikarenakan kurangnya partisipasi dan naik turunnya semangat anggota, dinamika internal, pemasaran, kendala cuaca, dan listrik belum memadai. Tindak lanjut ke depan kegiatan pendampingan kelompok binaan di Desa Tarupa antara lain pelatihan pencatatan hasil tangkap, pelatihan penanganan hasil tangkap, teknik pemasaran, pengembangan produk, rencana kelompok jangka panjang dan jangka pendek.

Sesi diskusi santai, ketua kelompok KPPL Tarupa, Ishak, menyampaikan harapan agar didampingi dalam pengajuan proposal kelompok, pelaksanaan monitoring hasil transplantasi karang, dan berharap ke depannya dibangun sinergitas pemuda dan mahasiswa yang datang ke desa tarupa baik saat magang, PKL, penelitian, KKN Mahasiswa.

Sumber: Andi Rezki Mutmainnah - PEH Pertama Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini