Sosialisasi Keberadaan Kawasan Konservasi

Senin, 13 Maret 2023

Pekanbaru, 14 Maret 2023 - Balai Besar KSDA Riau melalui Resort Bukit Rimbang yang dipimpin Kepala Resort, Ahmad Fitriansyah bersama Penyuluh Kehutanan, Tommy P Sinambela melakukan patroli dan sosialisasi di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling (BRBB) di Desa Sumpu, Kec. Hulu Kuantan, Kamis (2/3).

Petugas menindaklanjuti adanya laporan masyarakat terkait  dugaan adanya aktivitas pengambilan kayu di kawasan SM BRBB yang berada di desa tersebut. Tim Resort setempat yaitu Resort Bukit Rimbang berkoordinasi dengan KPH Kuansing terkait laporan tersebut dan menuju lokasi melalui dua arah yaitu melaui PT. Merauke melewati Desa Serosa dan Desa Sumpu. Saat melewati Desa Serosa menuju kawasan SM BRBB yang berada di Desa Sumpu, petugas melewati kawasan Hutan  Produksi Terbatas (HPT) sejauh 29 km hingga ujung jalan. Di lokasi tidak di jumpai adanya aktivitas pengambilan kayu dan tidak ada jalan mengarah ke dalam kawasan SM BRBB, namun dijumpai bukaan lahan dan aktivitas pengambilan kayu yang berada di kawasan HPT. Pengamatan melalui udara menggunakan drone (jarak ± 1,2 km dari dalam kawasan) juga dilakukan untuk melihat kondisi kawasan SM BRBB karena tidak ada akses jalan menuju kawasan. Dari hasil drone, kondisi kawasan SM BRBB masih relatif baik.

Kondisi kawasan relatif baik, petugas bertemu dengan 2 orang masyarakat yang sedang berburu menggunakan senapan angin rakitan dan jerat. Barang bukti 3 buah jerat sling yang telah dipasang diamankan dan diberikan sosialisasi kepada masyarakat tersebut larangan berburu di kawasan hutan apalagi membawa senapan angin dan jerat serta meminta oknum tidak melakukannya lagi.

Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan SM BRBB juga diberikan sosialisasi untuk tidak merusak kawasan hutan dan melakukan aktivitas perburuan.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini