Suntikan Bantuan Dari Balai Jalan Untuk Masyarakat Sekitar TN Matalawa

Kamis, 09 Maret 2023

Waingapu, 8 Februari 2023. Perjanjian kerjasama antara Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) mengamanatkan beberapa kegiatan, salah satunya  sosialisasi dan pemberian bantuan usaha ekonomi bagi masyarakat sekitar kawasan hutan. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui usaha pertanian yang berkelanjutan.

Kepala Balai TN Matalawa, Agung Widodo, Rabu (8/3), didampingi Kepala SPTN Wilayah II Lewa, Judy Aries Mulik beserta kepala resort dan staff, melaksanakan sosialisasi ke kelompok tani hutan (KTH) binaan Balai TN Matalawa. Sosialisasi dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kawasan hutan dari segala kerusakan seperti kebakaran, penebangan, perladangan, dan lain-lain, sehingga fungsinya dapat tetap terus dirasakan oleh masyarakat. Selain sosialisasi, Kepala Balai yang didampingi oleh perwakilan dari BPJN menerima proposal dari KTH untuk permohonan bantuan inkind dalam pengelolaan kebun masyarakat.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan memanen hasil bumi berupa kacang tanah yang ada di kebun masyarakat. Saat ini kebun kacang tersebut dapat dialiri oleh air berkat bantuan mesin pompa air dari Balai TN Matalawa pada tahun 2021.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti

Teks: Safaat Nurhidayat, S.Hut

Foto: Safaat Nurhidayat, S.Hut

Editor: Dwi Putro Notonegoro, S.Hut, M.S.E, M.Ec

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini