Kunjungan Rutin Mahasiswa Pertanian UMSU di TWA Sibolangit

Rabu, 08 Maret 2023

Petugas sedang memberi penjelasan tentang potensi tumbuhan di kawasan TWA Sibolangit

Sibolangit, 8 Maret 2023. Sebanyak 181 orang mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan, didampingi 15 orang dosen melakukan kunjungan fieldtrip di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, pada Senin (6/3). Wakil Dekan I Fakultas Pertanian UMSU, Prof. Dr. Ir. Wan Arfiani Barus, M.P., mengungkapkan bahwa  kegiatan fieldtrip rutin dilakukan setiap tahunnya sebagai upaya mengedukasi mahasiswa untuk lebih  mengenal alam khususnya hutan konservasi serta arti penting dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Kawasan ini dipilih karena dianggap memiliki fasilitas pendidikan yang komplit serta memadai dalam mengedukasi mahasiswa dan mengaplikasikan materi perkuliahan yang sesuai dengan kurikulum pendidikan di universitas.

Kehadiran mahasiswa UMSU ini disambut hangat oleh Kepala Resort CA/TWA Sibolangit Fourledy’s  Aritonang, ST. beserta staf dan 7 orang anggota Kelompok Sadar Wisata Alam Sibolangit. Mahasiswa diberi informasi tentang kawasan TWA Sibolangit dengan berbagai potensi, baik potensi keanekaragaman hayati maupun potensi wisata. Dijelaskan juga bahwa kawasan konservasi ini merupakan daerah tangkapan air (catchment area) yang  menjadi pemasok kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat sekitar sibolangit dan juga masyarakat yang ada di Kota Medan.

Selanjutnya di dalam kawasan khususnya pada jalur interpretasi, mahasiswa dikenalkan dengan ragam tumbuh-tumbuhan yang menjadi koleksi dari kawasan TWA Sibolangit. Beberapa tanaman obat tak luput juga dikenalkan. Untuk menggali dan mendalami informasi, berbagai pertanyaan pun dilontarkan mahasiswa kepada petugas.

Tak terasa waktu kunjungan pun berakhir, Wakil Dekan I, dosen pendamping serta mahasiswa  menyampaikan rasa puas dan terima kasih atas penyambutan yang baik  serta pendampingan dari pengelola selama kegiatan fieldtrip, dan berjanji akan melakukan kunjungan rutin di waktu-waktu yang akan datang.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. (PEH) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini