Geliat Wisata Edukasi Sibolangit Dikunjungi Sekolah Madani Marindal 1

Jumat, 03 Maret 2023

Pelajar Sekolah Madani menggali informasi potensi TWA Sibolangit

Sibolangit, 2 Maret 2023 - Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit kembali menggeliat pasca meredanya pandemi covid-19. Tak henti-hentinya wisatawan berkunjung ke kawasan ini, terutama dari kalangan generasi muda pelajar dari berbagai sekolah. Yang terakhir, TWA Sibolangit menyambut kunjungan pelajar dari SMP dan  SMK Swasta Madani Marindal-1 Medan, pada Selasa 28 Februari 2023.

 Sebanyak 120 orang siswa/i SMP yang dipimpin langsung  Kepala Sekolah, Iman Siregar, S.Pd., didampingi 12 orang guru dan  40 orang siswa/siswi SMK yang juga  dipimpin oleh Kepala Sekolah, Yeni Saufina Siregar, S.P.,  didampingi 8 orang guru, melaksanakan  kegiatan fieldtrip yaitu belajar sambil berwisata ke kawasan TWA Sibolangit.

Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit, Fourledys Aritonang, beserta petugas Resort terlebih dahulu menyampaikan pemaparan umum tentang sejarah kawasan beserta potensinya baik keanekaragaman hayati maupun berbagai potensi wisata lainnya, dan manfaat kawasan ini bagi kehidupan manusia maupun bagi lingkungan sekitar. Usai pemaparan dilanjutkan dengan fieldtrip  dimana siswa/siswi beserta guru pendamping  menelusuri kawasan untuk mengenal lebih dekat potensi yang ada di dalam kawasan tersebut, yang dipandu oleh petugas Resort dan anggota Kelompok Sadar Wisata Alam (Pokdarwis) Sibolangit.

Petugas pemandu memberikan penjelasan tentang potensi kawasan TWA Sibolangit

 Pemandu mengenalkan berbagai jenis tumbuhan yang ada disepanjang jalur interpretasi, berbagai jenis tanaman obat serta manfaatnya. Dengan penuh antusias pelajar mengamati dan mencatat segala yang ditemukan saat menelusuri kawasan. Semua peserta menyatakan ini merupakan pengalaman pertama berkunjung ke TWA Sibolangit, sehingga semua potensi yang ada menjadi menarik perhatian mereka, apalagi dikaitkan dengan materi pelajaran yang selama ini  diterima di sekolah. Di akhir kunjungan dilakukan diskusi ringan bertukar informasi dan pengalaman yang didapatkan selama kegiatan fieldtrip.

Kepala Sekolah SMP dan SMK Madani Marindal-1 Medan, sama-sama menyatakan puas dan mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh pihak pengelola selama kegiatan fieldtrip berlangsung. Sebagai kunjungan pertama, pihak sekolah baik SMP maupun SMK merasa pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Kedepan akan diagendakan kunjungan rutin setiap tahun untuk memberikan pengetahuan serta pengenalan tumbuhan dan alam kepada siswa/siswinya, guna menumbuhkan kesadaran serta membentuk karakter generasi muda yang peduli terhadap upaya  konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Sumber : Samuel Siahaan, SP., PEH – Balai Besar KSDA Sumatera Utara 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini