Upaya "Avatar" Gepang Mewujudkan Basis Data Satwa Liar di TNGGP

Rabu, 15 Februari 2023

Cipanas, 15 Februari 2023. Upaya untuk mewujudkan basis data ilmiah satwa liar di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memacu 25 Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) atau para "avatar" di lapangan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis/Pelatihan Teknik Inventarisasi/Monitoring Satwa Liar Lingkup Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Palace Hotel Cipanas, Selasa (14/2).

Dibuka secara langsung oleh Kepala Bidang Teknis Konservasi Buana Darmansyah yang mewakili Kepala Balai Besar, menegaskan pentingnya keseragaman metode dalam kegiatan inventarisasi/monitoring satwa liar.

Usep Suparman expert Raptor Conservation Society (RCS) sebagai narasumber pada pemaparannya menjelaskan terkait metode inventarisasi populasi elang jawa (Nesting Count) berikut pencarian sarangnya

"Kevalidan serta keakuratan data dugaan estimasi populasi satwa liar khususnya elang jawa salah satunya ditentukan oleh metode pengamatan" ucap Usep.

Berlanjut ke sesi diskusi, antusiasme peserta terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan. Akhir acara, disempurnakan dengan expose buku identifikasi burung oleh Robi Rizki Zatnika. Tercatat 143 jenis burung di wilayah Sukabumi, hal ini tentunya menjadikan kebanggaan kita semua.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango 

Teks : Agus Deni @agustdenie
Foto : Igun Wiguna @igunwigunas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini