Petugas Himbau Jangan Tergiur Rayuan Oknum Jual Beli Lahan di TN Tesso Nilo

Selasa, 14 Februari 2023

Baserah, 13 Februari 2023. Petugas Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) giatkan patroli pengamanan kawasan di areal Seksi Pengelolaan Taman Naisonal (SPTN) Wilayah II Baserah, Rabu(8/2). Sebelum turun ke kawasan, briefing dilakukan oleh Kepala SPTN Wilayah II Baserah Ibram Eddy Chandra, S.Hut, M.Sc terkait tujuan patroli untuk menindaklanjuti informasi dari masyarakat.

Kepala SPTN Wilayah II Baserah mengarahkan patroli ke wilayah overlap bufferzone PT RAPP dengan TN Tesso Nilo yang berdasarkan informasi dari masyarakat kepada petugas bahwa telah terjadi pembukaan lahan dengan alat berat di wilayah tersebut. Sampai lokasi, bekas bukaan lahan menggunakan alat berat terlihat, namun alat berat tersebut sudah keluar. Di lokasi juga telah dipasang plang larangan oleh PT RAPP.

Masyarakat yang dijumpai saat berpatroli bersama, mengaku telah menjadi korban penipuan terkait pembelian lahan yang berada di dalam kawasan. Petugas lantas memberikan diskusi dan pengertian kepada masyarakat yang menjadi korban penipuan agar tidak melakukan pembukaan lahan dan mengajak masyarakat tersebut untuk melakukan penanaman tanaman kehutanan dan buah - buahan. Masyarakat tersebut pun bersedia untuk melakukan penanaman tersebut dengan dukungan bibit dari Balai TN Tesso Nilo.

Kepala SPTN Wilayah II Baserah juga mengarahkan untuk segera mendata lahan dan masyarakat tersebut untuk Kemitraan Konservasi dan menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur dengan tawaran oknum tidak bertanggung jawab. Jika masyarakat mengetahui terkait penipuan pembukaan lahan atau adanya transaksi jual beli lahan di kawasan TN Tesso Nilo, dapat melaporkan kepada petugas.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini