Masyarakat Betung dan Balai TN Tesso Nilo Berhasil Giring Gajah Liar

Senin, 13 Februari 2023

Pangkalan Kuras, 13 Februari 2023.  Konflik gajah liar dan masyarakat kembali terjadi, kali ini di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Pelalawan, Riau, Selasa (7/2). Melihat hal tersebut, Kepala Resort Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) dan Tim mahout flying squad TN Tesso Nilo bersama dengan BBKSDA Riau, YTNTN, PT. Musimas dan masyarakat terjun ke lokasi untuk menggiring kembali gajah liar masuk ke dalam kawasan.

Menurut masyarakat, gajah liar masih ada di Desa Betung yang posisinya di hutan kepungan sialang. Kemudian, tim dibagi menjadi 3 untuk melakukan penjajakan akan keberadaan gajah liar tersebut dan identifikasi serta mengikuti jejak gajah liar yang terbaru. Dari hasil penjajakan, identifikasi dan penyusuran jejak, akhirnya ditemukan gajah liar sebanyak 5 ekor.

Dengan teknik khusus penggiringan menggunakan alat meriam sederhana, tim berhasil menggiring gajah liar sampai menyeberangi sungai Napo. Malam hari setelah penggiringan, tim dibantu oleh masyarakat untuk memblokade tempat penyeberangan gajah liar tersebut. Tim kembali melakukan penggiringan gajah liar sampai ke sungai Nilo.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini