Lagi, Aksi Bersihkan Sampah Alas Simpenan

Senin, 13 Februari 2023

Kediri, 13 Februari 2023. Curah hujan tinggi yang mengguyur sepekan terakhir telah menjebol pagar hidup penahan sampah di timur Alas Simpenan, Cagar Alam (CA) Manggis Gadungan. Sampah yang belum sepenuhnya bersih dalam aksi bersih 30 Januari lalu, kini bertambah dengan luapan sampah baru. Sampah merangsek masuk hingga 50 meter ke dalam kawasan.

Untuk menanggulanginya, Balai Besar KSDA Jawa Timur melalui Resort Konservasi Wilayah (RKW) 03 CA Manggis Besowo Gadungan bersama Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, Mapala Reksa Buana - Uniska, Pelita - UNP, dan Senja - Polinema Kediri memperbaiki pagar penghalang sampah serta memungut luapan sampah. Selain permasalahan sampah, derasnya aliran air dari timur kawasan menyebabkan terkikisnya tanah lapisan atas, hingga mengakibatkan terbukanya akar pepohonan. Dengan terbukanya akar, akan meningkatkan peluang terjadinya pohon tumbang.

Menanam pagar hidup dan membersihkan sampah merupakan solusi jangka pendek, untuk jangka panjangnya diperlukan peran serta para pihak dalam menjaga kelestarian alas simpenan. Perlu dicarikan solusi buangan saluran air dari Desa Satak dan sekitarnya agar tidak lagi diarahkan ke alas simpenan. Karena aliran yang terlalu deras dapat mengikis tanah lapisan atas beserta vegetasinya dan juga membawa sampah yang mencemari alas simpenan.

Sumber : Siti Nurlaili, S.si., PEH Muda. Kepala RKW 03 CA Manggis Besowo Gadungan Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.2

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Ahmad Soleh Chamdani
Salam Lestari ????????????????????????