Mengasah Keterampilan Mengolah Data Kehati di Kawasan Konservasi

Jumat, 10 Februari 2023

Pekanbaru, 9 Februari 2023 – Balai Besar KSDA Riau menggelar bimbingan teknis pelaksanaan inventaris dan verifikasi kawasan dengan nilai kehati tinggi di kawasan konservasi lingkup Provisi Riau di Kantor Balai Besar KSDA Riau, selama dua hari dari tanggal 8 sampai dengan tanggal 9 Februari tahun 2023. Bimtek dilakukan untuk meningkatkan keterampilan staff Unit Pelaksana Teknis (UPT) terutama yang bertanggung jawab dalam melakukan pelaporan di web E-Reporting

Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan, dan Pengawetan Bapak Ujang Holisudin, S.Hut, mewakili kepala balai dan kepala bidang teknis yang berhalangan hadir, membuka secara resmi dan menekankan pentingnya menyiapkan dan mengolah data hasil inventarisasi keanekaragaman hayati (Kehati) di kawasan konservasi sehingga bisa dilaporkan pada sistem E-Reporting, dan berharap agar semua peserta bisa mengikuti bimbingan teknis sampai selesai dan memahami apa yang disampaikan oleh tim Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi selaku pemateri.

Narasumber dari Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi memaparkan materi terkait tata cara menyiapkan data sebelum diupload di laman E-Reporting, kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Peserta bimtek yang pada umumnya merupakan bagian dari pengelola data nilai kehati tinggi di kawasan koservasi sangat antusias mendengarkan penjelasan dari narasumber. Diskusi berjalan sangat efektif dengan adanya arahan dan pencerahan narasumber dari Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi. Diakhir acara peserta latihan mengupload data hasil inventarisasi keanekaragaman hayati di kawasan konservasi pada laman E-Reporting.

Bimtek dihadiri beberapa UPT seperti  Balai Taman Nasional Tesso Nilo (2 orang), Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (3 orang) dan UPT Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (2 orang). Perwakilan dari Balai Besar KSDA Riau hadir sebanyak 9 orang baik yang ada di Balai, maupun kantor seksi dan resort Muka Kuning, Pulau Rempang, Kepulauan Riau, dan narasumber dari Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi sebanyak 4 orang.

Sumber: Suwandi - Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini