Patroli dan Koordinasi Untuk Tingkatkan Pengamanan Kawasan TN Tesso Nilo

Jumat, 03 Februari 2023

Pelalawan, 31 Januari 2023. Balai Taman Nasional Tesso Nilo giatkan patroli di areal Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) dan di SPTN Wilayah II Baserah, Minggu, (22/1). Selain patroli kawasan, petugas juga tabur biji di areal terbuka yang ditemukan, pendampingan edukasi wisatawan, dan koordinasi ke pihak perusahaan.

Patroli diawali di areal SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga tepatnya di  daerah kenayang, Resort Lancang Kuning Air Sawan. Disana petugas melakukan pengecekan pada areal bekas kebakaran serta pondok yang sudah dirobohkan oleh petugas patroli sebelumnya. Untuk mempercepat proses pemulihan ekosistem pada areal terbakar, dilakukan penaburan biji di sekitar areal terbuka, dan memantau area sungai sawan serta melakukan pemasangan plang larangan/himbauan pada areal sekitar. Sedangkan di area SPTN Wilayah II Baserah, patroli darat dilakukan ke arah bekas lahan bukaan dan menabuh benih disekitarnya serta melihat TKP penangkapan alat berat. Disana, petugas menemukan dua unit motor yang dicurigai ada oknum melakukan imasan di dekat TKP penangkapan alat berat, namun oknum yang dimaksud tidak ditemukan. 

Di tempat terpisah, petugas SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga melakukan pendampingan wisatawan yang berkunjung ke camp flying squad TN Tesso Nilo. Wisatawan diberikan edukasi gajah oleh tim mahout flying squad dan diajak untuk melakukan patroli gajah di sekitar Sungai Perbekalan. Wisatawan juga diajak untuk memandikan gajah di sungai dan berdiskusi tentang pengelolaan TN Tesso Nilo. Usai patroli dan pendampingan tamu, petugas berkoordinasi di kantor RAPP Sei Lanjut, terkait pengamanan batas kawasan TN Tesso Nilo dengan PT. RPI, PT. Rimba Lazuardi dan PT. Putri Lindung Bulan, terkait diskusi penanganan kasus penangkapan alat berat oleh pihak perusahaan.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini