Perkembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa Gunung Melintang

Kamis, 02 Februari 2023

Baserah, 31 Januari 2023. Penyuluh dan Kepala Resort Nilo, Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) memberikan pendampingan dan pembinaan ke Desa Gunung Melintang, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah pada tanggal 24-26 Januari 2023. Kegiatan dilakukan secara rutin untuk memantau dan membantu kelompok tani hutan (KTH) dalam melaksanakan program kerja serta dapat membantu menyelesaikan hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya.

Di hari pertama pendampingan, Selasa (24/1), petugas melakukan diskusi dalam rapat pemecahan permasalahan pada kelompok budidaya sapi bali karena adanya perubahan nama kelompok dan pergantian/perubahan anggota kelompok, dimana sebelumnya sapi dirawat oleh masyarakat Desa Gunung melintang di luar anggota kelompok KTH. Setelah dilakukan diskusi bersama, disepakati bahwa kelompok lama, yakni KTH Maju Bersama diubah namanya menjadi KTH SAKATO dengan jumlah anggota sebanyak 15 orang. Saat ini terpantau jumlah sapi KTH sebanyak 3 ekor (2 ekor indukan, 1 ekor anakan) dengan kondisi 2 ekor indukan tersebut sedang dalam keadaan mengandung. Hasil musyawarah dituangkan dalam Berita Acara Musyawarah yang telah disepakati pengurusan kelompok dan aturan kerja kelompok terkait pemeliharaan sapi.

Pada hari kedua, Rabu (25/1), tim melakukan kunjungan ke kebun anggota KTH Pinang Balirik untuk memantau pinang yang telah ditanam pada tahun 2019, karena sudah mulai belajar berbuah, dan sudah dipanen sejak bulan Oktober 2022. Dari 500 batang pinang, 150 batang sudah berbuah dengan hasil sebanyak 20 kg buah kering. Disampaikan oleh KTH, pemanenan dilakukan dengan jarak waktu 1 bulan sekali saat panen pertama dan waktu pemanenan akan menjadi 2 kali dalam seminggu saat Pinang berbuah normal. Tinggi tanaman saat ini sudah mencapai 8-9 meter dengan diameter batang 12-15 cm.

Pada hari terakhir kegiatan, Kamis (26 /1),  tim melakukan monitoring dan diskusi kepada KTH Perempuan Kreatif Bersama terkait perkembangan kegiatan jahit. Saat ini kelompok sedang mengerjakan pesanan berupa pembuatan gorden untuk kantor Desa Gunung Melintang. Selain dibidang jahit, kelompok juga berkembang dibidang kuliner dengan menerima pesanan untuk acara rapat desa dan pesta di lingkup Desa Gunung Melintang.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini