Edukasi Primata Melalui Kampanye Hari Primata Indonesia

Rabu, 01 Februari 2023

Makassar, 30 Januari 2023 – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan (BBKSDA Sulsel) berpartisipasi pada kampanye Hari Primata di area Car Free Day Kota Makassar, Minggu (29/1). Kampanye ini untuk memperingati Hari Primata Indonesia yang diinisiasi oleh Balla Konservasi Wallace dan diikuti juga oleh Sikola Ale, Fauna & Flora International, BBKSDA Sulsel dan Balai Taman Nasional (TN) Bantimurung Bulusaraung.

Kampanye dilakukan dengan membentangkan spanduk dan poster Hari Primata Indonesia yang bertema “Hidup Berdampingan Bersama Primata”. Selebaran, stiker dan souvenir Hari Primata juga dibagikan kepada para pengunjung. Hal ini sejalan dengan tujuan pelaksanaan kampanye yakni mengenalkan primata kepada masyarakat melalui edukasi tentang pentingnya primata dalam kehidupan.

Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan juga berpartisipasi melalui mini exhibition yang menampilkan poster, banner dan leaflet tentang jenis-jenis satwa dilindungi. Kegiatan kampanye berjalan menarik dan interaktif dimana pengunjung antusias mengikuti kuis berhadiah souvenir menarik (tumbler, goodie bag, tas kain blacu dan peralatan makan). “Pengunjung stand Balai Besar KSDA Sulsel didominasi oleh anak muda dan keluarga dan mereka bertanya banyak hal. Salah satu pengunjung bertanya terkait bagaimana sebuah kawasan ditunjuk sebagai kawasan konservasi”, ujar Murniaty, Penyuluh Kehutanan Madya yang berpartisipasi dalam kampanye. Selain membagikan poster jenis-jenis satwa dilindungi tim kampanye Balai Besar KSDA Sulsel juga menampilkan hasil kerajinan dari kemitraan konservasi dimana kerajinan ini menarik perhatian beberapa pengunjung.

Hujan deras sedari pagi tidak menyurutkan semangat masyarakat yang berkunjung ke area car free day untuk ikut berpartisipasi dalam kampanye. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengunjung yang bersua foto didepan spanduk dan poster Hari Primata Indonesia bahkan ada beberapa orangtua yang membawa anak-anak meraka untuk ikut berfoto. Ini merupakan hal baik agar anak-anak dapat mengetahui jenis-jenis satwa dilindungi sedari dini.

Hari Primata Indonesia yang ditetapkan pada 30 Januari melalui inisiasi dari PROFAUNA sebagai bentuk keprihatinan terhadapat aktivitas perdagangan dan perburuan primata yang semakin tinggi. Peringatan Hari Primata dilakukan setiap tahun oleh berbagai Lembaga dan Komunitas pemerhati satwa yang bertujuan untuk memberikan penyadartahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga primata Indonesia. Hal ini juga menjadi upaya dalam menekan laju kepunahan terhadap primata Indonesia terhadap aktitas perusakan habitat dan perburuan.

Sumber: Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Penanggung Jawab Berita: BBKSDA Sulawesi Selatan       

Call Center BBKSDA Sulsel: 08114600883

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini