Mengajak Doktor ke Besowo

Jumat, 20 Januari 2023

Kediri, 17 Januari 2023. Berawal dari pertemuan antara anggota tim Doktor Mengabdi, KPH. Kediri, dan Balai Besar KSDA Jawa Timur (BBKSDA Jatim), 10 Januari silam, Doktor Mengabdi sampai juga di Desa Besowo, Kepung, Kabupaten Kediri. Saat itu, 6 Doktor dari Fakultas Peternakan dan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya mengutarakan ketertarikannya untuk melakukan pengabdian dalam bentuk pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi.

Bak gayung bersambut, tim BBKSDA Jatim menceritakan mengenai program  peningkatan usaha ekonomi produktif di 4 desa penyangga Cagar Alam (CA) Manggis Gadungan dan 1 desa penyangga CA. Besowo Gadungan. Dengan pertimbangan kondisi sosial ekonomi desa penyangga dan efektifitas kegiatan, maka saat itu, KPH Kediri dan BBKSDA Jatim sepakat mengarahkan kegiatan ke Desa Besowo.

Setelah pertemuan tersebut, pada tanggal 17 Januari 2023, diadakan FDG antara Doktor Mengabdi, KPH Kediri, BBKSDA Jatim dengan tokoh masyarakat Desa Besowo dari LMDH Wonoasri, Pokmas Tjoelanggi Besowo, dan kelompok peternak domba Rojomulyo di Balai Dusun Sidodadi. Dalam FDG tersebut menghasilkan disimpulkan beberapa hal, seperti akan dibentuk 1 kelompok masyarakat dalam bentuk Koperasi Peternak yang akan difasilitasi oleh KPH Kediri, Koperasi tersebut akan menaungi kelompok yang sudah ada, yaitu kelompok Tjoelanggi Besowo, Kelompok Peternak Rojomulyo.

KPH Kediri dan Doktor mengabdi akan membantu pengadaan bibit tumbuhan pakan ternak domba maupun Klanceng. Untuk tumbuhan pakan ternak domba akan difasilitasi penanaman tumpangsari di Hutan Lindung maupun KPS. Penanaman pakan Klanceng berupa bunga AMP dan Xantoslemon akan berkonsultasi dengan pakar arsitektur lansekap untuk memperindah kanan kiri jalan Dusun Besowo Timur sehingga dapat mendukung Besowo sebagai tujuan eduwisata/ekowisata.

Doktor Mengabdi juga akan memfasilitasi bantuan dari segi pendampingan, materi, ilmu pengetahuan maupun pelatihan untuk program pemberdayaan di Desa Besowo. Serta kedepan akan mengirimkan mahasiswa Universitas Brawijaya untuk melakukan KKN maupun penelitian di CA. Besowo Gadungan dan Desa Besowo.

Dengan terjunnya perguruan tinggi dalam program pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan konservasi, diharapkan dapat menjadi katalisator keberhasilan program yang telah dilaksanakan oleh pengelola lawasan hutan dalam mewujudkan hutan lestari, masyarakat sejahtera, pegawai bahagia.

Sumber: Siti Nurlaili, S.Si., Kepala RKW 3 Manggis Besowo, Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini