Merajut Koordinasi Multi Pihak Pra Kondisi Pemberdayaan Masyarakat

Rabu, 18 Januari 2023

Koordinasi dengan Camat, Sekretaris Camat beserta jajaran dan warga

Tigarunggu, 18 Januari 2023. Untuk mengetahui pra kondisi kegiatan berbasis masyarakat dalam bentuk fasilitasi usaha ekonomi produktif pada Balai Besar KSDA Sumatera Utara Tahun 2023, koordinasi dengan berbagai pihak terkait menjadi kebutuhan yang krusial. Salah satu lokasi berada di Nagori Pematang Purba, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun yang merupakan daerah penyangga kawasan Cagar Alam (CA) Martelu Purba. Dengan koordinasi ini nantinya diharapkan kegiatan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien sehingga menghasilkan output dan outcome yang optimal.

Atas dasar pemikiran itulah, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort CA. Martelu Purba dan CA. Batu Gajah pada Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, menyambangi kantor Camat Kecamatan Purba di Tigarunggu, Kabupaten Simalungun, Selasa (17/1) untuk melakukan koordinasi. Dalam pertemuan yang dihadiri langsung Camat Purba, Sekretaris Camat beserta jajarannya dan masyarakat Nagori Pematang Purba, Kepala Resort CA. Martelu Purba dan CA. Batu Gajah, Alharis Ruhidi, SP., M.Si. memaparkan rencana kegiatan pemberdayaan masyarakat yang akan dilaksanakan, dimana jenis usaha ekonomi produktif yang diusulkan berupa pengadaan peralatan dan perlengkapan budidaya lebah madu.

Masyarakat Nagori Pematang Purba yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) Marsiurupan, melalui Sekretaris Nagori Pematang Purba, Efrinando Sinaga, menyatakan kesiapannya dan akan bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan budidaya lebah madu, mengingat kegiatan ini menjanjikan dalam meningkatkan ekonomi warga. Saat ini KTH sedang mempersiapkan kelengkapan administrasi kelompok seperti nomor rekening bank, NPWP, dan lain-lain.

Camat Purba, Bangun Siregar, S.P., mengapresiasi rencana kegiatan Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan sangat mendukung  serta mengharapkan agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sehingga mampu mendatangkan manfaat bagi masyarakat berupa peningkatan pendapatan.

Keberhasilan kegiatan budidaya lebah madu ini nantinya diharapkan menjadi salah satu obyek dan daya tarik untuk ambil bagian dalam program nasional Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas, mengingat Nagori Pematang Purba adalah wilayah yang dilalui route jalan protokol Medan - Berastagi - Parapat/Danau Toba.

Sumber : Alharis Ruhidi, SP., M.Si. – Kepala Resort CA. Martelu Purba dan CA. Batu Gajah

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Alharis Ruhidi
Komitmen para pihak terus kita galang untuk terselenggaranya pemberdayaan masyarakat yang transparan dan akuntabel
Alharis Ruhidi
Komitmen para pihak terus kita galang untuk terselenggaranya pemberdayaan masyarakat yang transparan dan akuntabel