Cerita Madu Hutan Asli KT Huta Dolok

Rabu, 18 Januari 2023

Promosi madu yang siap dipasarkan

Desa Rahut Bosi, 18 Januari 2023. Kelompok Tani (KT) Huta Dolok merupakan kelompok binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang berada di sekitar kawasan Cagar Alam (CA) Dolok Saut, di Desa Rahutbosi, Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Toba. KT. Huta Dolok merupakan kelompok masyarakat yang sangat peduli akan kelestarian CA. Dolok Saut dan kerap membantu petugas Resort CA. Dolok Saut dalam kegiatan patroli perlindungan dan pengamanan kawasan.

Pada tahun 2021, KT. Huta Dolok terpilih dalam  Program Fasilitasi Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa di sekitar kawasan konservasi dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui pemberian  bantuan Ekonomi Produktif sebesar Rp. 25.000.000,-. Bantuan ini digunakan  untuk pembelian peralatan pertanian yaitu 2 (dua) unit Cultivator. Kemudian pada tahun 2022 KT. Huta Dolok kembali menerima  bantuan Ekonomi Produktif dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara sebesar Rp. 35.000.000,- untuk pengembangan usaha Budidaya Lebah Madu .

Kelompok Tani Hutan Huta Dolok mengembangkan usaha budidaya lebah madu jenis Apis Cerana dan Trigona dimulai pada bulan Agustus 2022. Dalam perkembangannya budidaya lebah madu ini menunjukan perkembangan yang baik, dan bahkan KT Huta Dolok bukan hanya memproduksi madu bahkan sudah mulai memasarkan produknya ke masyarakat sekitar Rahutbosi. Tercatat dari bulan September sampai dengan Desember 2022, KT. Huta Dolok sudah memproduksi kurang lebih 20 liter madu. Itu berarti setiap bulan menghasilkan sekitar 5 liter.

Saat panen madu

Tidak cukup hanya itu,  KT Huta Dolok juga memasarkan madu melalui Facebook dan ternyata ada juga peminatnya. Awalnya pemasarannya belum mempunyai kemasan khusus. Oleh karena itu KT. Huta Dolok memohon  bantuan pengemasan produk madu ke Bidang KSDA Wilayah II Pematang Siantar pada Bulan Nopember 2022. Bidang KSDA Wilayah II Pematang Siantar pun membantu pengemasan produk, baik dalam hal pemesanan botol kemasan maupun  pembuatan/pencetakan sticker kemasan. Sehingga hasil panen madu pada bulan Desember 2022 sudah dikemas dengan kemasan khusus.

Madu dalam kemasan khusus siap dipasarkan

Seluruh anggota KT. Huta Dolok sangat antusias untuk menjalankan usaha budidaya lebah madu karena cukup menjanjikan dalam menambah pendapatan ekonomi. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung dan Resort CA. Dolok Saut siap untuk membantu dan akan selalu mendampingi KT. Huta Dolok.

Sumber : Lisbeth Manurung, S.Hut. – Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini