Ranger Goes to School 2023 Siap Beraksi dan Mengabdi

Senin, 16 Januari 2023

Labuan Bajo, 16 Januari 2023. Balai Taman Nasional Komodo menyelenggarakan pertemuan perdana seluruh pengajar Ranger Goes to School (RGTS) Tahun 2023 di basecamp Komodo Survival Program di Labuan Bajo. Pertemuan ini menghadirkan 23 pengajar RGTS dengan komposisi 16 orang staf Balai Taman Nasional Komodo dan tujuh orang praktisi dari berbagai bidang keilmuan yang berdomisili di Labuan Bajo dan Bali. Momentum penting ini dibuka dengan pemaparan hasil pelaksanaan program Ranger Goes to School Tahun 2022 oleh Koordinator RGTS 2022.

Setidaknya program RGTS 2022 telah mengajar di tiga sekolah yaitu SMKN 1 Labuan Bajo, SMKN 3 Komodo, dan SMAN 3 Komodo dengan total 427 siswa telah mendapatkan pembelajaran dari seluruh pengajar secara bergantian mulai dari bulan Januari – Juni 2022. Sebanyak empat kali Kelas Inspirasi berhasil dilaksanakan di SMKN 1 Labuan Bajo dan SMAN  3  Komodo.  Berdasarkan  penuturan  para  siswa,  kelas  tersebut  telah  meningkatkan pengetahuan dan informasi para pelajar terkait peluang beasiswa dan peluang bersekolah di perguruan tinggi ternama di Indonesia. Kegiatan RGTS 2022 di SMKN 1 Labuan Bajo ditutup dengan pelaksanaan wisuda yang dihadiri oleh Kepala Balai Taman Nasional Komodo dan Kepala SMKN 1 Labuan Bajo. Koordinator RGTS juga menyampaikan bahwa program RGTS sudah dipresentasikan sebanyak dua kali pada event internasional di Malaysia dan Jerman, serta dalam cakupan wilayah regional, capaian program telah dipaparkan di Kupang pada akhir Bulan November 2022.

Seusai  pemaparan  hasil  pelaksanaan  program,  seluruh  pengajar  RGTS  2023  mendapatkan pengarahan dari Kepala Balai Taman Nasional Komodo terkait visi dan misi RGTS pada tahun berjalan. Kepala Balai Taman Nasional Komodo berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik dari seluruh tenaga pengajar maupun para mitra sekolah. Sebagai bentuk dukungan penuh bagi pelaksanaan program, Kepala Balai Taman Nasional Komodo menerbitkan SK Tim Pengajar RGTS Tahun 2023. Bagaikan gayung bersambut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT turut menerbitkan SK Tim Pengajar RGTS Tahun 2023 sebagai bentuk apreasiasi dan dukungan agar program terus dilaksanakan secara berkelanjutan dan berproses lebih lanjut. Sebagai penutup arahannya, Kepala Balai berharap agar tim RGTS dapat mengaktualisasikan misi Rencana Pengelolaan Taman Nasional Komodo Tahun 2026 – 2025 yaitu melakukan transformasi kurikulum pendidikan di sekolah melalui penjajakan program RGTS setiap tahunnya.

Pada kesempatan ini, perwakilan sekolah target tahun 2023 yaitu SMKN 1 Labuan Bajo, SMKN 3 Komodo,  dan  SMK  Stella  Maris  Labuan  Bajo  turut  hadir  memberikan  aspirasi  terhadap penyempurnaan   pelaksanaan   program   RGTS   2023.   Perwakilan   sekolah   secara   bergantian memberikan apresiasi dan aspirasi terkait keinginan-keinginan yang perlu diakomodir oleh pengajar RGTS. Pihak sekolah berharap program ini tidak berhenti di tahun 2023, namun dapat berlangsung pada tahun-tahun berikutnya.

Koordinator RGTS juga berkeinginan untuk melakukan pre-test dan post-test sebelum dan sesudah pengajaran program RGTS 2023 dilaksanakan. Hal ini merupakan tahapan penting untuk dapat menentukan efektivitas program melalui evaluasi pembelajaran siswa dan penilaian perubahan sikap para pelajar setelah mengikuti program selama satu semester setiap tahunnya. Untuk merancang kuisioner yang akurat dan ilmiah, Koordinator RGTS berkolaborasi dengan Yayasan Komodo Survival Program dan Professor Noel Scott dari Griffith University Australia. Koordinator program berharap agar  survei  ini  dapat  menjadi  acuan  kebijakan  pemerintah  provinsi  yang  menaungi  jenjang pendidikan menengah atas secara scientific dan dapat dipertanggungjawabkan. Tim RGTS juga berharap agar program RGTS dapat menjadi salah satu muatan ajar wajib bagi seluruh SMA/SMK/MA lingkup Kabupaten Manggarai Barat kedepannya.

Sumber: Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini