Resort TWA Holiday Resort Siap Songsong Tahun 2023

Senin, 16 Januari 2023

Diskusi sekaligus pembinaan petugas Resort TWA Holiday Resort oleh Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Torganda, 16 Januari 2022. Untuk menyerap permasalahan serta mengetahui kesiapan Resort Taman Wisata Alam (TWA) Holiday Resort dalam menyongsong tahun 2023, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Rudianto Saragih Napitu, S.Si., M.Si. turun langsung menyambangi Resort TWA Holiday Resort dan Pusat Latihan Gajah (PLG) di Torganda, Rabu (11/1). Kepala Balai yang didampingi Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan, Amenson Girsang, SP., MH. disambut langsung  Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan Gunawan Alza, S.Hut., Plh. Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang, Hardi Hutabarat, Kepala Resort TWA Holiday Resort, A. Rizal M beserta seluruh staf Resort TWA Holiday Resort.

Kawasan TWA Holiday Resort saat ini dikelola oleh 8 orang personil, terdiri dari : 5 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan 3 orang Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PNPN). Dari 5 orang ASN, 4 diantaranya adalah pawang gajah (3 orang) dan perawat gajah (1 orang). Di kawasan TWA Holiday Resort ada 3 ekor gajah penghuni Pusat Latihan Gajah (PLG), masing-masing : Nurhalimah, betina, usia sekitar 48 tahun, merupakan gajah tangkapan tahun 1997 di Sosa, Kabupaten Padang Lawas, kemudian Merry, betina, 45 tahun, gajah tangkapan di areal PT ANJ di Kabupaten Padang Lawas tahun 1997, dan terakhir Wanto, jantan, 16 tahun, merupakan gajah yang lahir di PLG Holiday Resort pada 18 Juni 2006.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara melihat langsung kondisi ketiga ekor gajah penghuni PLG Holiday Resort

Untuk mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari, Resort TWA Holiday Resort dilengkapi berbagai sarana prasarana berupa : kantor Resort, visitor center, shelter, mushalla, tribun bagi penonton, kolam mandi gajah, barak tempat tinggal pawang dan perawat gajah serta mobil angkut pakan gajah. Selain itu, Resort TWA Holiday Resort juga membangun kemitraan dan kerjasama dengan masyarakat sekitar maupun lembaga mitra kerjasama. Ada 3 kelompok tani yang menjadi binaan, yaitu Kelompok Tani (KT) Sumber Sari, KT. Sumber Jaya Berseri dan KT. Sabar Menanti. Sedangkan dalam penanganan masalah kesehatan gajah, PLG Holiday Resort dibantu lembaga mitra kerjasama Vesswic.

Usai melihat langsung kondisi sarana prasarana serta satwa gajah yang ada di TWA Holiday Resort, dan menerima langsung berbagai pendapat maupun masukan dari petugas di Resort TWA Holiday Resot, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara mengapresiasi kinerja petugas dan memberi motivasi agar di tahun 2023 memiliki planning bekerja lebih baik lagi. Berusahalah untuk membuat jati diri selaku pegawai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  sehingga masyarakat mengakui keberadaan petugas serta mendukung upaya-upaya yang dilakukan di lapangan.

Di akhir kunjungan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan penanaman pohon durian di TWA Holiday Resort.

Sumber : A. Rizal M. – Kepala Resort TWA Holiday Resort

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini