Menjaga Asa Fungsional Gepang Yang Luar Biasa

Jumat, 13 Januari 2023

Cibodas, 13 Januari 2023. Cuaca dingin yang berhembus di Cibodas tidak menyurutkan semangat para fungsional dalam menunjukkan kiprah capaian kinerja 2022, Kamis (12/1). Sebanyak 52 orang terdiri dari 19 orang Pejabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH), 25 orang Polisi Kehutanan (POLHUT) dan 8 orang Penyuluh Kehutanan (PK) Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango hadir dalam acara "Paparan Capaian 2022 dan Rencana Kerja 2023".

Pertemuan yang berlangsung selama 1 hari ini dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar, Sapto Aji Prabowo. Dalam sambutannya, beliau menegaskan semua fungsional senantiasa optimis dan terus meningkatkan kinerjanya. 

Pemaparan materi diawali oleh PEH, dengan kinerja utama yang disampaikan terkait hasil inventarisasi dan monitoring keanekaragaman hayati dengan diperolehnya angka dugaan estimasi populasi satwa prioritas merupakan capaian yang baik. Sesi selanjutnya presentasi Polisi Kehutanan, yang membangun jejaring dengan stakeholder seperti Kepolisian, TNI dan Pemerintah Daerah setempat masih menjadi prioritas di tahun 2022. Penyuluh Kehutanan sebagai pemapar terakhir menyampaikan beberapa capaian kegiatan pemberdayaan masyarakat dan penyuluhan antara melalui penguatan dan peningkatan kapasitas masyarakat, bimbingan teknis dan supervisi, pembinaan dan koordinasi, pendampingan kelompok masyarakat, dan dukungan usaha alternatif ekonomi produktif. Setidaknya dari 47 KTH binaan 39 KTH sudah teregister di Dinas Kehutanan Provinsi, pemberdayaan masyarakat melalui skema Kemitraan Konservasi (15 KTH), 28 desa penyangga sudah melaksanakan Kesepakatan Konservasi dengan BBTNGGP (dari target 25 desa dalam periode tahun 2020 – 2022), serta mendukung IKK Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim dalam ProKlim (8 desa penyangga terdaftar sebagai lokasi ProKlim pada SRN PPI).

Tahun 2023, pada umumnya ketiga fungsional berpedoman kegiatan berbasis DIPA dan tentunya sejalan dengan visi dan misi BBTNGGP yang tertuang dalam Renstra BBTNGGP Tahun 2020 - 2024, namun demikian tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan rutinitas yang tidak didukung anggaran negara. Semoga apa yang telah dicapai menjadi pelecut semangat untuk mewujudkan rencana dimasa depan.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks : Agus Deni @agustdenie
Foto : Tim Publikasi BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 2.8

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini