Sowan Santun di Awal Tahun

Jumat, 13 Januari 2023

Cibodas, 13 Januari 2023. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) menggelar pertemuan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/1). Kunjungan yang dikomandani Kepala Balai Besar, Sapto Aji Prabowo, diterima langsung Wakil Bupati Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri, M.Si. Pada kesempatan yang baik ini juga ikut hadir jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sukabumi dan Pejabat Struktural lingkup BBTNGGP.

Agenda utama selain silaturahmi sekaligus audiensi pengelolaan TNGGP dan Cagar Biosfer Cibodas. Sapto Aji Prabowo, dalam pemaparan presentasinya menekankan bahwa ada 9 (sembilan) isu strategis di wilayah Sukabumi sehingga harapan besar adanya dukungan dari Pemerintah Daerah terkait hal tersebut. "Hal yang tidak mungkin tercapainya keberhasilan dalam pengelolaan TNGGP tanpa ada dukungan berbagai pihak termasuk Pemda Kabupaten Sukabumi" imbuhnya.

Setali tiga uang, Wabup mengemukakan pentingnya sinergitas antar pemangku kepentingan dalam upaya menguatkan soliditas pengelolaan kawasan hutan khususnya di wilayah administratif Sukabumi, "Banyak hal yang bisa dikerjasamakan, baik itu kepariwisataan, perekonomian masyarakat sekitar hutan atau pun sektor-sektor strategis lainnya" ungkapnya. Beberapa tanggapan dari OPD yang hadir antara lain usulan kerjasama di bidang pariwisata, kesenian dan budaya serta pemasaran hasil-hasil pertanian untuk mendukung kebutuhan wisata khususnya di Situgunung.

Momentum yang langka ini tentunya menjadi langkah awal dan positif dalam upaya menjalankan amanat Undang-Undang terkait menjaga keutuhan serta kelestarian hutan konservasi khususnya TNGGP.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks : Agus Deni @agustdenie
Foto : Rey

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini