Ranger Goes To School Balai TN Komodo Menuju Kupang

Selasa, 20 Desember 2022

Labuan Bajo, 19 Desember 2022. Balai Taman Nasional Komodo menggelar koordinasi dan konsultasi untuk sosialisasi program Ranger Goes to School (RGTS)  tahun  2022/2023  dengan  Kepala  Dinas  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Provinsi  Nusa Tenggara Timur dan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kota Kupang, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, tanggal 30 November - 3 Desember 2022.  

Sosialisasi dan advokasi pertama di Kupang menargetkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT yang diberikan paparan terkait capaian dan rencana pelaksanaan program RGTS tahun 2022/2023 dihadapan seluruh pimpinan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi  NTT.  Pemaparan  yang  berlangsung  kurang  lebih  60  menit  ini  mendapatkan tanggapan positif dari para pimpinan yang hadir. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT merasa bahwa program RGTS sangat sesuai dengan pola ajar kurikulum merdeka dan penguatan kapasitas pelajar melalui intervensi industri secara langsung. Tim RGTS mendapatkan apreasiasi atas upaya yang telah dilakukan sepanjang tahun dan memperoleh dukungan penuh untuk terus melaksanakan program tersebut di tahun depan pada ketiga sekolah sasaran. Kepala Dinas menyampaikan bahwa akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) terkait dengan penetapan/penunjukan tim RGTS di Kabupaten Manggarai  Barat  sebagai  bentuk  dukungan  nyata  bagi  tim  RGTS.  Dinas  berharap  agar tim  dapat membuat modul ajar dan menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) bagi para guru di sekolah - sekolah target program.

Kegiatan sosialisasi dan advokasi kedua dilaksanakan di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA)  NTT.  Kepala  Balai  BKSDA  NTT  diwakilkan  oleh  Plt.  Kepala  Bidang  Teknis  BBKSDA  NTT menerima dan memfasilitasi sesi pemaparan secara hybrid oleh perwakilan tim RGTS yang dibawakan langsung oleh Koordinator RGTS. Pemaparan dan diskusi dengan para peserta berlangsung hingga hampir 150 menit. Para peserta antusias untuk turut melaksanakan program RGTS di wilayah kerjanya masing-masing, dengan pola pendekatan dan teknis pelaksanaan yang berbeda, menyesuaikan dengan sekolah sasaran. Tim RGTS BTN Komodo berharap melalui sesi ini, para peserta dapat terpacu semangatnya dan termotivasi untuk dapat mengatasi berbagai tantangan yang muncul ketika mengelola sebuah  kawasan  konservasi,  termasuk  memberikan  perhatian  bagi  kemajuan  pendidikan  pelajar  di wilayah tinggal/kerjanya.

Tim berharap agar program RGTS BTN Komodo dapat konsisten dilaksanakan setiap tahun dengan menyasar berbagai sekolah yang berbeda. Tim berharap sekolah yang telah mendapatkan pengajaran setidaknya selama satu tahun, dapat memiliki siswa-siswi berprestasi dan mampu memahami prinsip konservasi di Taman Nasional Komodo dan alam sekitarnya. Kedepannya, program RGTS akan disosialisasikan kepada Gubenur NTT dan pimpinan tinggi dari lembaga/instansi terkait untuk mendorong disetujuinya legislasi muatan ajar RGTS sebagai muatan lokal wajib bagi sekolah tingkat SMA/SMK/Ma di Manggarai Barat.

Salah satu misi pengelolaan Balai Taman Nasional Komodo yang tertuang dalam dokumen Rencana Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) BTN Komodo Tahun 2016 - 2025 adalah melakukan transformasi kurikulum sekolah dengan membentuk muatan lokal wajib bagi institusi pendidikan mulai dari jenjang pendidikan  SD  hingga  SMA  di  lingkup  Kabupaten  Manggarai  Barat.  Ikbal  dan  tim RGTS  berupaya mendorong dan menjadikan muatan ajar RGTS yaitu ‘Pendidikan Konservasi Taman Nasional Komodo’ sebagai muatan lokal wajib pada sekolah tingkat SMA/SMK/MA di Kabupaten Manggarai Barat, khususnya di Kelurahan Labuan Bajo.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Gatot Kuncoro Edi (Kepala SPTN Wilayah II), Muhammad Ikbal Putera (PEH Ahli Pertama), dan Fahri Ikhlas (Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama)

Sumber: Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678) dan Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama - Fahri Ikhlas, S.Hut. (+6285263770138)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini