Dukungan Ekonomi Produktif Perkuat Kebersamaan Kelola Kawasan

Kamis, 15 Desember 2022

Tabunganen 13 Deember 2022 – Balai KSDA Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) kembali menyerahkan bantuan penguatan ekonomi produktif pada kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya kelompok pemberdayaan masyarakat “Istana Patin”, Desa Tabunganen Kecil dan Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Maju Bersama”, Desa Sungai Teras Luar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 Desember 2022 bertempat di Kantor Desa Tabunganen Kecil, Kecamatan Tabunganen Kecil. Bantuan ini diserahkan kepada kelompok dalam rangka mendukung pengembangan budidaya ikan patin dan peternakan ayam pedaging yang dikelola oleh masing-masing kelompok. Kepala Balai KSDA Kalsel Dr.Ir.H. Mahrus Aryadi, M.Sc. menyerahkan langsung bantuan ini kepada kelompok didampingi oleh Kepala SKW II Banjarbaru Mokh. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si dan Kepala Resort Ahmad Barkati.

2- (13-12-2022)

Keterbukaan, silaturahmi dan komunikasi serta kebersamaan adalah hal yang sangat ditekankan oleh Kepala Balai kepada kelompok dalam mencapai tujuan bersama atas program pemberdayaan masyarakat ini, yaitu untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Harapan Kepala Balai kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dapat menular kepada anggota masyarakat lainnya sehingga tidak hanya memberikan manfaat kepada anggota kelompok juga memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum.  Terkait kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh kelompok perlu adanya peran aktif pendamping dan Kepala Resort dalam menanggapi keadaan tersebut.  Selain memberikan pendampingan terhadap penyelesaian kendala, pendamping dan Kepala Resort juga dapat membangun jejaring antara kelompok dengan pihak-pihak lain yang dapat membantu mengembangkan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok.

3- (13-12-2022)

Ketua kelompok Istana Patin yang diwakili oleh Bendahara kelompok, Samsudin didampingi oleh Kepala Desa Tabunganen Kecil, Zainal Abidin; dan juga Ketua kelompok Maju Bersama, Wahyudi didampingi oleh Kepala Desa Sungai Teras Luar, Anang Muhdiansyah menyampaikan ucapan syukur dan penghargaannya kepada BKSDA Kalsel yang telah aktif hadir ditengah-tengah masyarakat guna mendengarkan aspirasi masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat serta mencoba menjembatani upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat.  Dalam kesempatan ini, kelompok juga menyampaikan rencana kegiatan kedepan berdasarkan kegiatan yang telah lalu.  Belajar dari kegiatan yang telah lalu kelompok telah merancang dan mengantisipasi kemungkinan adanya kendala yang sama.  Kelompok juga menambahkan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat ini merupakan bentuk nyata hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sekaligus mengamankan kawasan konservasi.  (ryn)

Sumber: M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si - Kepala SKW II Banjarbaru Balai KSDA Kalimantan Selatan

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini