SMK Negeri 3 Komodo Mengenal Lebih Dekat Program Ranger Goes To School 2023

Kamis, 15 Desember 2022

Labuan Bajo, 13 Desember 2022. Program Ranger Goes to School (RGTS) Balai Taman Nasional Komodo yang akan dilaksanakan pada Bulan Januari – Juni 2023 mendatang memasuki tahap sosialisasi ke SMA/SMK/MA di Kabupaten Manggarai Barat. Kali ini koordinator RGTS, Muhammad Ikbal Putera, beserta sebagian anggota menuju ke SMKN 3 Komodo untuk mengenalkan program RGTS secara lebih detail, pada tanggal 29 November 2022.

SMKN 3 Komodo adalah sekolah menengah kejuruan negeri ketiga di Labuan Bajo yang baru beroperasional pada awal tahun 2021 lalu. SMKN 3 Komodo saat ini memiliki dua prodi aktif yaitu wisata bahari dan ekowisata, serta seni tari. SMKN 3 Komodo juga memiliki prodi yang masih dalam pengembangan  yaitu  jurusan  kriya  seni  dengan  menitikberatkan  tugas  pokok  dan  fungsi  pada peningkatan kapasitas SDM di bidang pengembangan kriya tenun, namun saat ini belum memiliki jumlah siswa yang cukup. SMKN 3 Komodo saat ini merupakan satu-satunya SMK yang memiliki prodi wisata bahari  dan  ekowisata  di  Kabupaten  Manggarai  Barat.  Pada  tahun  2022,  SMKN  3  Komodo  telah mengirimkan lima orang siswa kelas X untuk melaksanakan observasi industri selama satu bulan, dan saat ini sebanyak enam orang siswa kelas XI sedang melaksanakan kegiatan praktik kerja lapang yang dikemas dalam program magang Junior Park Ranger Balai Taman Nasional Komodo mulai bulan Oktober 2022 hingga akhir bulan Maret 2023 mendatang.

Tim Ranger Goes to School memiliki hubungan kemitraan yang sangat baik dengan SMKN 3 Komodo. Tim percaya  bahwa  SMKN  3  Komodo  dapat  menghasilkan  tenaga  kerja  dan  lulusan  SMK  yang  sangat diperlukan untuk pengelololaan Taman Nasional Komodo di masa depan. Untuk itu, peran Balai Taman Nasional Komodo untuk mendukung peningkatan kapasitas dan pemahaman siswa mengenai pengelolaan kawasan konservasi sejak dini perlu dilakukan secara langsung di sekolah.

Kunjungan tim diterima baik oleh Kepala SMKN 3 Komodo beserta jajarannya dan mendengarkan baik pemaparan program yang disampaikan oleh koordinator program. Usai pemaparan, Kepala SMKN 3 Komodo menyampaikan bahwa program RGTS tidak boleh putus di tengah jalan dan harus dilanjutkan di SMKN 3 Komodo. Kepala SMKN 3 Komodo menyatakan menerima penawaran program dan akan memberikan dukungan penuh bagi pelaksanaan program hingga tuntas di bulan Juni 2023. Lebih lanjut, Ikbal meyakinkan Kepala SMKN 3 Komodo bahwa tim RGTS akan memberikan usaha terbaiknya untuk dapat memastikan konsistensi dan kontinuitas program RGTS selama satu semester ke depan.

Tim RGTS akan mengajar siswa-siswi program studi (prodi) Wisata Bahari dan Ekowisata kelas X di SMKN 3 Komodo dan telah menerima kalender akademik dari Kepala SMKN 3 Komodo. Koordinator RGTS menyampaikan hasil koordinasi dengan Kepala SMKN 3 Komodo kepada Kepala Balai Taman Nasional Komodo seusai pertemuan di sekolah. Kepala Balai Taman Nasional Komodo gembira melihat kerja keras tim Ranger Goes to School Balai Taman Nasional Komodo untuk tiada lelah membangun jejaring dengan para  pemangku  kepentingan  di  Kabupaten  Manggarai  Barat  dan  mengedepankan  semangat  juang rimbawan muda yang tak lelah berjuang memajukan pendidikan konservasi para pelajar di area tempat mengabdinya saat ini.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo  (+6281138290000)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini