Stella Maris Labuan Bajo Mengenal Program Ranger Goes To School 2023

Kamis, 15 Desember 2022

Labuan Bajo, 13 Desember 2022. Program Ranger Goes to School (RGTS) Balai Taman Nasional Komodo yang akan dilaksanakan pada Bulan Januari – Juni 2023 mendatang memasuki tahap sosialisasi ke SMA/SMK/MA di Kabupaten Manggarai Barat meliputi SMKN 1 Labuan Bajo, SMKN 3 Komodo, dan SMK Stella Maris Labuan Bajo.

SMK Stella Maris Labuan Bajo merupakan sekolah menengah kejuruan di Labuan Bajo yang memiliki empat program studi (prodi) praktis yang sangat berhubungan dengan industri pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat. Keempat prodi tersebut diantaranya: Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknik Otomotif Kendaraan Ringan, Usaha Layanan Pariwisata, dan Perhotelan. Sekolah ini telah melahirkan tenaga kerja lulusan SMK yang siap kerja utamanya bagi industri pariwisata dan perkapalan pada lingkup Kabupaten Manggarai Barat. Setiap tahun SMK Stella Maris Labuan Bajo juga kerap mengirimkan banyak siswanya untuk mengikuti kegiatan magang Junior Park Ranger di Balai Taman Nasional Komodo dan berkesempatan mendapatkan pembinaan langsung dari para ranger selama tiga hingga enam bulan setiap tahunnya.

Koordinator RGTS, Muhammad Ikbal Putera, beserta sebagian anggota tim berkunjung ke SMK Stella Maris Labuan Bajo pada tanggal 9 November 2022. Kunjungan tim diterima baik oleh Kepala SMK Stella Maris Labuan Bajo beserta jajarannya dan langsung meminta koordinator program untuk mempresentasikan penawaran kegiatan dihadapan para guru dan tenaga pendidik SMK Stella Maris Labuan Bajo. Ikbal menyampaikan keinginan bahwa SMK Stella Maris memiliki kedekatan hubungan kemitraan dan profesionalitas yang kuat dengan adanya interaksi antara siswa dengan ranger pada kegiatan magang setiap tahunnya di Balai Taman Nasional Komodo. Ikbal meyakinkan bahwa program RGTS dapat menjadi penajam muatan konservasi dan ekowisata yang selama ini diajarkan oleh para guru di sekolah.

Usai pemaparan program, Kepala SMK Stella Maris Labuan Bajo menerima baik dan akan memfasilitasi program RGTS sesuai dengan jadwal pembelajaran kelas yang disepakati. Kepala Sekolah juga menambahkan bahwa program RGTS adalah program yang selama ini ditunggu-tunggu oleh pihak sekolah. Untuk itu, sekolah akan memberikan usaha terbaiknya untuk membantu para pengajar RGTS memandu kegiatan belajar mengajar di dalam kelas selama enam bulan ke depan. Mendengar hal ini, tim RGTS bergembira dan akan memberikan yang terbaik untuk siswa-siswi SMK Stella Maris Labuan Bajo.

Tim RGTS akan mengajar siswa-siswi program studi (prodi) Usaha Perjalanan Wisata (UPW) kelas X di SMKN 1 Labuan Bajo. Meskipun Kepala SMK Stella Maris Labuan Bajo menginginkan agar program RGTS ini juga diajarkan pada prodi lain, koordinator RGTS menerima baik usulan tersebut dan telah menyampaikannya ke internal tim pengajar. Mempertimbangkan keterbatasan jumlah tenaga pengajar serta ketersediaan waktu luang dari setiap pengajarnya, koordinator RGTS menyampaikan bahwa akan fokus memberikan pengajaran kepada siswa-siswi prodi Usaha Layanan Pariwisata terlebih dulu.

Koordinator RGTS menyampaikan hasil koordinasi dengan Kepala SMK Stella Maris Labuan Bajo kepada Kepala Balai Taman Nasional Komodo seusai pertemuan di sekolah. Kepala Balai Taman Nasional Komodo sangat senang melihat kesuksesan penawaran program pada sekolah target yang kedua di tahun 2023 oleh segenap tim Ranger Goes to School Balai Taman Nasional Komodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862) 

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678) 

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini