World Mountain Day 2022 Dengan Bantuan Bibit Pohon

Rabu, 14 Desember 2022

Peserta World Mountain Day 2022 sedang menanam pohon

Desa Sarogodung, 13 Desember 2022. Momen World Mountain Day (Hari Gunung Sedunia) 2022, tidak ingin dilewatkan begitu saja oleh anak-anak muda Tapanuli Selatan yang tergabung dalam komunitas Lembaga Pariwisata dan Pecinta Alam Mahasiswa Islam (LEPPAMI) TAP – SEL dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) TAP – SEL, dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti : camping bersama dan gerakan menanam pohon, yang dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, Sabtu dan Minggu, 10-11 Desember 2022, di Desa Sarogodung, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Melalui kegiatan ini, anak-anak muda Tapanuli Selatan ingin menyampaikan pesan dan edukasi kepada masyarakat untuk ikut menjaga serta merawat gunung, dengan memberi contoh keteladanan melakukan kegiatan penanaman bibit pohon. Menjadi kewajiban setiap warga negara untuk peduli dengan pelestarian alam dan lingkungan hidup, termasuk diantaranya menjaga kelestarian kawasan/areal pegunungan.

Menyikapi niat baik dan mulia generasi muda Tapanuli Selatan ini, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok pada Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, tak mau juga ketinggalan untuk ikut berpartisipasi, dengan cara menyediakan bibit pohon untuk ditanam dalam event tersebut. Sekitar 100 bibit pohon yang disediakan Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok, masing-masing jenis Meranti, Suren, Alpokat, Petai, Jengkol, Durian, Kulit Manis dan Glugur, yang keseluruhannya ditanam di lahan kosong di sepanjang jalan wisata Paralayang, Desa Sarogodung.  

Komitmen untuk giat penanaman berkelanjutan

Usai kegiatan penanaman, LEPPAMI dan masyarakat menyampaikan komitmen serta target jangka panjang yang akan dilakukan, yaitu : kegiatan penanaman berkelanjutan untuk menjamin ketersediaan sumber air serta kelestarian alam, berperan aktif dalam kegiatan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya, serta mencegah kebakaran hutan dan lahan. Untuk merealisasikan komitmen tersebut, masyarakat dan LEPPAMI mengharapkan adanya dukungan bantuan bibit/pohon yang lebih banyak lagi dari pemerintah, khususnya Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dalam mewujudkan cita cita jangka panjang lembaga bersama warga Desa Sarogodung, yaitu penanaman yang berkelanjutan.

Masyarakat yang menerima bantuan bibit pohon untuk ditanam

Sumber : Ambet P. Harianja – TPHL Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini