Dukungan Ekonomi Produktif Eratkan Harmonisasi

Selasa, 13 Desember 2022

Kandangan Lama, 30 November 2022 – Bertempat di kediaman ketua kelompok Bapak Ideransyah, Balai KSDA Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan pengembangan/peningkatan usaha ekonomi produktif kepada kelompok masyarakat tani hutan (KTH) Sanipah Berjaya, Desa Kandangan Lama. Bantuan senilai Rp.20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) diserahkan kepada kelompok untuk mendukung pengembangan peternakan kambing milik kelompok. Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalsel Dr.Ir.H.Mahrus Aryadi, M.Sc. didampingi Kepala Resort Ahmad Fauzan, S. Hut. Kepala Balai menekankan akan pentingnya saling terbuka, menjaga komunikasi dan silaturahim diantara anggota kelompok, sehingga tujuan dari adanya program pemberdayaan ini dapat tercapai, yaitu untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami harapkan KTH Sanipah Berjaya ini dapat aktif dan menjadi contoh bagi masyarakat Desa Kandangan Lama tentang peternakan kambing, sehingga keberadaannya dapat menghadirkan manfaat bagi masyarakat secara langsung. Adapun permasalahan di lapangan terkait program pemberdayaan ini, hendaknya selalu dikomunikasikan dan saling terbuka. Karena setiap masalah akan dapat diselesaikan jika dibicarakan dan dirembukkan, mari kita cari berkahnya dari program ini.” ungkap Mahrus. 

Kepala Balai juga menjelaskan tentang pembagian status dan fungsi kawasan hutan serta pentingnya menjaga kawasan hutan konservasi guna terwujudnya harmonisasi, menjaga keseimbangan alam dalam rantai makanan. Beliau juga menghimbau agar Kepala Resort Suaka Margasatwa (SM) Pelaihari dan tim untuk terus aktif mendampingi kelompok dan kunjungan ke desa penyangga, sehingga dapat terjadi pemahaman yang baik tentang kawasan konservasi dan program-program bantuan dapat tercapai tujuannya.

2-2022-12-09 at 17.48.04

Dalam rangkaian acara penyerahan bantuan tersebut juga diselingi dengan sesi diskusi bersama kelompok untuk mengetahui rencana pengembangan kelompok sekaligus kendala yang kemungkinan akan dihadapi. Bapak Ideransyah selaku ketua kelompok menyampaikan ucapan syukur dan penghargaannya kepada Balai KSDA Kalimantan Selatan yang telah aktif ‘menjemput bola’ hadir ditengah-tengah masyarakat guna mendengarkan keluh-kesah masyarakat dan mencoba menjembatani kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaannya.

“Kami sangat berterimakasih kepada BKSDA Kalsel yang telah berkenan untuk mendampingi dan membantu kami, khususnya dalam pembentukan kelompok dan penyerahan bantuan ini. Bantuan ini adalah bentuk nyata perhatian dan kerja sama dari BKSDA Kalsel kepada Kami selaku masyarakat Desa Kandangan Lama. Harapan kami adalah agar tetap dibina dan didampingi dari Bapak-Bapak sekalian.” tutup Ideransyah.

3-2022-12-09 at 17.48.24 

Dalam penyerahan bantuan tersebut turut hadir pula perwakilan dari instasi mitra, diantaranya adalah perwakilan dari Polsek Panyipatan, KPH Tala, Aparat Desa Kandangan Lama, dan Tokoh Masyarakat Desa Kandangan Lama.  KTH Sanipah Berjaya sendiri dibentuk pada 6 November tahun 2022 dengan program pemberdayaan masyarakatnya adalah peternakan kambing. Kelompok ini diketuai Bapak Ideransyah dengan jumlah anggota 21 orang yang berasal dari Desa Kandangan Lama. (ryn)

Sumber : B. Arifin - PEH Resort Jorong dan Doc. by : Rizal - Calon PEH Resort Jorong, Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini