Perkembangan Penelitian Video Pembelajaran Komodo

Selasa, 13 Desember 2022

Labuan Bajo, 13 Desember 2022. Mahasiswi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Ni Kadek Sri Ayu Wijayani, menyampaikan presentasi capaian perkembangan penelitian dihadapan pimpinan dan staf Balai Taman Nasional Komodo pada tanggal 16 November 2022 secara daring. Ayu mendapatkan saran penyempurnaan terhadap produk penelitian yang sedang digarapnya yang berjudul “Pengembangan Video Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Konservasi Peserta Didik SMA Kelas X”.

Sebelumnya, Ayu telah melakukan pengamatan lapangan untuk mempelajari keanekaragaman hewan yang hidup di lembah Loh Liang pada tanggal 26 Agustus 2022. Ayu melakukan penelusuran hutan untuk mengamati jejak, kotoran, sisa makanan, dan sarang komodo di sepanjang jalur jelajah dan trekking wisatawan. Adapun satwa yang teramati adalah biawak komodo (Varanus komodoensis), rusa timor (Rusa timorensis), ayam hutan (Gallus varius), burung gosong (Megapodius reinwardt), babi hutan (Sus scrofa), musang luwak (Paradoxurus hermaphroditus), burung perkutut (Geopelia striata), kakatua kecil jambul kuning (Cacatua sulphurea), dan burung gagak kampung (Corvus macrorhynchos).

Produk akhir penelitian Ayu adalah video pembelajaran yang akan diujicobakan kepada para pelajar SMA di  Yogyakarta.  Untuk  memperdalam  pemahaman,  Ayu melakukan  wawancara  mendalam  tanggal  5 September 2022 dengan Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama, Maria Rosdalima Panggur, di kantor Balai Taman Nasional Komodo. Pertanyaan yang ditanyakan berkaitan dengan potensi ancaman bagi kelestarian biodiversitas, upaya konservasi yang sudah dilakukan para jagawana dan masyarakat, serta peranan masing-masing flora dan fauna dalam rantai ekosistem di Taman Nasional Komodo.

Ayu menyortir muatan konten yang akan dimasukan menjadi bahan dalam video pembelajaran. Ayu merancang storyboard yang berisikan konsep, contoh, gambar dan video referensi, hingga gaya tampilan yang sesuai dengan setiap adegan yang telah disusun.  Adegan ini disusun mengikuti  konsep dan dikelompokan  dengan  tematik  tertentu  untuk  memperjelas  muatan  pesan  yang  ingin  disampaikan. Setelah melalui proses kompilasi dan penyusunan, Ayu menghasilkan draf video pembelajaran yang perlu dikonsultasikan dengan dosen pembimbing dan para jagawana Balai Taman Nasional Komodo untuk mendapatkan tindak lanjut revisi. Potongan draft video ini yang ditampilkan dalam presentasi Hasil Penelitian Ayu pada tanggal 16 November 2022 kemarin.

Adapun beberapa masukan penyempurnaan yang diperoleh oleh dosen pembimbing dan staf Balai Taman  Nasional  Komodo  antara  lain:  (a)  video  perlu  dipersingkat  agar  tidak  terlalu  lama  dan menimbulkan kebosanan peserta ajar, (b) beberapa konsep perlu mendapatkan penekanan yaitu: keanekaragam gen, spesies, ekosistem, ancaman, dan upaya kelestarian keanekaragaman hayati, (c) konsep mengenai  tingkatan trofik,  rantain makanan,  jaring-jaring  makanan,  aliran energi,  piramida energi, dan siklus materi perlu dipertimbangkan untuk dikeluarkan dari video, (d) masih terdapat miskonsepsi biologi yang perlu diperbaiki, (e) beberapa konsep dan contoh perlu diperdalam dengan menggunakan fenomena biologi dari hasil penelitian sendiri atau referensi serupa, (f) perlu menggunakan referensi gambar atau video yang interaktif, dan (g) penjelasan dalam video harus menggunakan bahasa yang mudah, bersahabat, ilmiah namun menyenangkan. Ayu berharap agar hasil video pembelajarannya dapat bermanfaat bagi para pelajar di berbagai tingkatan sekolah di Indonesia.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Penelitian Pendidikan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta - Ni Kadek Sri Ayu Wijayani (+6287864362416)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 1

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini