CPNS Balai TN Komodo Belajar Pimpin Patroli Terpadu

Selasa, 13 Desember 2022

Labuan Bajo, 13 Desember 2022. Balai Taman Nasional Komodo gigih menyelenggarakan giat patroli terpadu untuk memastikan keutuhan dan kelestarian ekosistem di Taman Nasional Komodo. Patroli terpadu kali diselenggarakan selama lima hari mulai tanggal 4 – 8 November 2022 dengan beranggotakan personil dari Balai Taman Nasional Komodo, Kantor Pos Penegakan Hukum LHK Labuan Bajo, Kepolisian Resort Manggarai Barat, Kepolisian Perairan dan Udara Polda NTT.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo memberikan tanggung jawab kepercayaan kepada personil Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk memimpin giat patroli terpadu kali ini. Rijkard Gideon Sambite (Polisi Kehutanan Pemula) berperan sebagai Ketua Tim dengan beranggotakan Muhammad Dzulfiansyah (Polisi Kehutanan Pemula), Abdul Aziz (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Liang), Falentinus I. Djoda (Tenaga Pengaman Hutan Resort Gili Lawa), Ferdinan Leonardo Parera (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Padar Utara), dan Jimianus Zakarias Nguru (Kapten).

Tim berupaya melakukan penyisiran jalur laut dan darat di sekitar wilayah timur laut Pulau Komodo. Salah satu agenda patroli adalah melakukan pemeriksaan aktivitas nelayan dan wisatawan di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Berdasarkan hasil penyisiran, tim patroli masih menemukan nelayan yang berasal dari Sapeh (Nusa Tenggara Barat) beraktivitas di dalam kawasan namun belum melaporkan diri ke resort jaga terdekat. Tim kemudian memberikan pemahaman terkait kewajiban lapor diri nelayan ke pos jaga dan melakukan sosialisasi terkait alat pancing yang boleh digunakan di dalam kawasan.

Tim patroli juga memeriksa kelengkapan karcis PNBP wisatawan di sekitar perairan Gili Lawa. Tim menemukan beberapa kapal yang membawa kelompok wisatawan belum membeli karcis Taman Nasional Komodo namun sudah beraktivitas di perairan dalam kawasan. Tim patroli menegur dan mengarahkan kapal tersebut untuk membeli karcis PNBP di pos jaga terdekat.

Taman Nasional Komodo menjadi lokasi berbagai mata pencaharian masyarakat yang perlu  dijaga.  Upaya  penjagaan  bukan  hanya  wajib  dilakukan  oleh  para  jagawana, namun juga oleh segenap masyarakat yang memanfaatkannya. Balai Taman Nasional Komodo berharap agar masyarakat, utamanya yang berasal dari luar Manggarai Barat, turut menjaga kelestarian alam di kawasan Taman Nasional Komodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Polisi Kehutanan Pemula - Muhammad Dzulfiansyah (+62813422182214)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678) 

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini